Bukan Cuma Gerhana Bulan, Ada Asteroid Raksasa Dekati Bumi Malam Ini

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 15 Mei 2022 | 09:57 WIB
Batuan luar angkasa asteroid
Batuan luar angkasa asteroid
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) telah mengatakan bahwa batu ruang angkasa raksasa Asteroid 388945 (2008 TZ3) akan mendekati planet kita pada pukul 2.48 pagi pada tanggal 16 Mei.

Selain itu, NASA telah mengatakan bahwa asteroid itu memiliki lebar 1.608 kaki. Sekadar referensi, gedung New York Empire State yang ikonik berdiri di ketinggian 1.454 kaki. Menariknya, asteroid itu juga lebih besar dari Menara Eiffel.

Penting untuk dicatat bahwa perhitungan ilmuwan luar angkasa mengatakan itu akan melewati kita dari jarak sekitar 2,5 juta mil jauhnya. NASA telah menandai ini sebagai "pendekatan dekat."

Dilansir dari Livemint, ini bukan pertama kalinya Asteroid 388945 mengunjungi kita. Dia melintas sangat dekat dengan Bumi pada Mei 2020 - pada jarak 1,7 juta mil.

Menariknya, batu ruang angkasa ini secara rutin melewati Bumi - setiap dua tahun, menurut para ilmuwan luar angkasa - saat mengorbit Matahari. Kali berikutnya ia akan melintas dekat dengan Bumi pada Mei 2024 tetapi lebih jauh lagi - 6,9 juta mil.

Jika sebuah asteroid datang dalam jarak 4,65 juta mil dan lebih dari ukuran tertentu, itu dianggap "berpotensi berbahaya" oleh badan antariksa yang berhati-hati. Asteroid adalah puing-puing ruang angkasa, sisa-sisa planet, yang terus berputar di ruang angkasa yang luas dan tak terbatas. Para ilmuwan telah memperingatkan selama beberapa dekade bahwa beberapa batuan luar angkasa yang besar berbahaya bagi Bumi.

Sebagai perbandingan, tulis New York Post, ukuran asteroid ini sebesar Empire State Building yang ikonik di New York tingginya 1.454 kaki.

Asteroid sebesar ini akan menyebabkan kerusakan serius jika menabrak Bumi.

Tidak perlu panik karena Asteroid 388945 (2008 TZ3) akan melewati kita dari jarak sekitar 3,5 juta mil.

Itu sebabnya NASA masih menandainya sebagai "pendekatan dekat".

Jika sebuah asteroid berada dalam jarak 4,65 juta mil dan lebih dari ukuran tertentu, itu dianggap "berpotensi berbahaya" oleh badan antariksa yang berhati-hati.

Ini harus menembak melewati dari jarak amannya dengan kecepatan lebih dari 18.000 mil per jam.

NASA mengatakan asteroid itu akan melewati Bumi sekitar pukul 17:18. ET dan 21:18 WAKTU GREENWICH.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper