Gagal Masuk ke Whatsapp Web? Segera Lakukan 3 Cara Ini

Lukman Nur Hakim
Senin, 9 Mei 2022 | 15:29 WIB
Ilustrasi penggunaan WhatsApp Web di laptop / Bisnis - Feni Freycinetia
Ilustrasi penggunaan WhatsApp Web di laptop / Bisnis - Feni Freycinetia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Beberapa hari belakangan, pengguna aplikasi WhatsApp kesulitan untuk masuk atau login ke WhatsApp Web melalui perangkat komputer dan laptop mereka. Berikut cara untuk mengatasi masalah gagal masuk ke WhatsApp Web

Sejumlah pengguna WhatsApp merasakan ada kejanggalan setelah applikasi WhatAsapp mereka tiba-tiba perbaikan atau update. Salah satu permasalahannya adalah tidak dapat melakukan login ke dalam WhatsApp Web.

Seperti diketahui, WhatsApp Web merupakan sebuah layanan yang diberikan oleh pengelola agar penggunanya dapat membuka Aplikasi WhatsApp lewat komputer atau laptop para penggunanya.

Ada beberapa cara untuk masuk ke dalam tampilan WhatsApp Web. Salah satunya dengan memindai (scan) barcode saat awal masuk ke WhatsApp Web agar dapat langsung login di komputer atau laptop.

Namun, jika cara tersebut gagal, bisa jadi ada beberapa faktor yang menyebabkan WhatsApp Web tidak dapat login atau tidak dapat terbuka di laptop Anda.

Dilansir dari laman resmi WhatsApp pada Senin (09/5/22), berikut beberapa cara untuk mengatasi agar Anda dapat masuk kembali ke WhatsApp Web di laptop atau komputer Anda.

3 Cara yang Bisa Dilakukan Jika Gagal Masuk WhatsApp Web

1. Cek Jaringan Internet

Perhatikan jaringan internet dan perangkat handphone Anda. Pastikan aplikasi WhatsApp di handphone harus sudah tersambung dengan jaringan internet. Begitu pula dengan laptop atau komputer. WhatsApp Web tidak dapat berfungsi dan Anda tidak bisa login jika salah satu perangkat tidak terhubung dengan jaringan internet.

2. Koneksi Komputer

Ketika menggunakan Whatsapp Web, Anda sebaiknya memastikan agar konteksi internet yang terhubung ke komputer atau laptop harus stabil. Berikut cara untuk menguji koneksi internet di komputer atau laptop Anda.

  • Buka WhatsApp Web atau Desktop. Jika Anda melihat spanduk kuning dengan pesan kesalahan Komputer tidak terhubung, periksa untuk memastikan koneksi internet komputer Anda aktif
  • Jika koneksi internet komputer Anda berfungsi normal dan Anda masih tidak dapat mengirim atau menerima pesan, segarkan halaman jika Anda menggunakan WhatsApp Web, atau keluar dan mulai ulang aplikasi jika Anda menggunakan WhatsApp Desktop
  • Jika masalah berlanjut, coba keluar dan masuk kembali ke WhatsApp Web atau Desktop.

3. Perhatikan Jaringan Wi-Fi yang Tersedia

Ketika menggunakan jaringan Wi-Fi terkelola, seperti kantor, perpustakaan, atau kampus universitas, biasanya jaringan akan disetel untuk memblokir atau membatasi koneksi ke WhatsApp Web.

Jika Anda dalam posisi jaringan Wi-Fi yang bertugas mencegah WhatsApp Web beroperasi dengan benar, pastikan jaringan Anda diatur untuk melewati link pintas ke web.whatsapp.com, .web.whatsapp.com , atau .whatsapp.net.

Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper