Mudik Lebaran, Indosat Ooredoo Hutchison Optimalisasi Jaringan di 300 Titik

Rahmi Yati
Rabu, 20 April 2022 | 20:11 WIB
Pengunjung mencari informasi di salah satu gerai Indosat Ooredoo di Jakarta, Selasa (15/2/2022). Bisnis/Arief Hermawan P
Pengunjung mencari informasi di salah satu gerai Indosat Ooredoo di Jakarta, Selasa (15/2/2022). Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indosat Ooredoo Hutchison berencana melakukan optimalisasi jaringan pada 300 titik pusat keramaian jelang mudik lebaran 2022.

SVP Head of Network Operation IOH Agus Sulistyo mengatakan optimalisasi jaringan tersebut dilakukan untuk mendukung kebutuhan telekomunikasi digital pelanggan saat menyambut Idulfitri. Adapun, titik keramaian meliputi destinasi wisata, pusat perbelanjaan, masjid, tempat peristirahatan, bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan.

"Sebagai upaya mengantisipasi mobilitas pelanggan ke kampung halaman, IOH juga melakukan optimalisasi jaringan di beberapa rute mudik, seperti antara Jakarta dan Surabaya," kata Agus dalam konferensi pers, Rabu (20/4/2022).

Dia menyebut, berbekal pengalaman di masa Ramadan dan Lebaran tahun sebelumnya, IOH juga mengantisipasi peningkatan trafik data tertinggi di Botabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Dengan jaringan IOH yang terintegrasi, sambung Agus, pelanggan IM3 maupun Tri akan mendapatkan pengalaman telekomunikasi digital yang lebih baik.

"IOH telah menyiapkan kapasitas data sekitar 30 persen untuk lonjakan trafik per hari dibandingkan dengan tahun lalu. Kenaikan tersebut diprediksi akan dikontribusi oleh meningkatnya penggunaan aplikasi berbasis video dan pengiriman pesan seperti YouTube, TikTok, Instagram, Facebook, dan juga WhatsApp," ucapnya.

Agus menambahkan, komitmen untuk memberikan pengalaman telekomunikasi digital terbaik bagi pelanggan, khususnya di masa libur Lebaran tahun ini, semakin diperkuat dengan diaktifkannya command center fisik terpusat sejak H-3 lebaran.

Bukan itu saja, dengan dukungan lebih dari 2.000 petugas teknis yang bersiaga sepanjang waktu, tim IOH Network Operation Center (INOC) dan IOH Service Operation Center (ISOC) akan memantau ketersediaan dan kualitas jaringan secara nasional selama 24/7.

"Layanan pelanggan melalui berbagai saluran juga disiagakan untuk memberikan dukungan atas kendala yang mungkin dialami pelanggan selama masa liburan," imbuhnya.

Sebagai informasi, pada akhir 2022, IOH akan mengintegrasikan lebih dari 43.000 sites. Integrasi tersebut memberikan peningkatan layanan indoor coverage dan penambahan kapasitas dengan pemanfaatan kerapatan sites dan lebar pita dari jaringan sebelumnya.

IOH juga akan menambahkan lebih dari 11.000 sites baru di beberapa tahun mendatang untuk lebih memperluas jaringan dan meningkatkan pengalaman pelanggan IM3 maupun Tri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper