Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bukan Gojek, Ini Super App Teratas di Asia Tenggara

Aplikasi super atau super app dinilai dari empat indikator, yakni pengalaman pengguna, keterlibatan, kesadaran, dan kegunaan.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 07 April 2022  |  12:02 WIB
Ilustrasi Grab.  - Istimewa
Ilustrasi Grab. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Sebuah survei menunjukkan bahwa Grab, Shopee, dan Lazada menjadi aplikasi super atau super app yang berada di urutan teratas di kawasan Asia Tenggara.

Survei perusahaan riset pasar di dunia, Ipsos menunjukkan bahwa aplikasi ini berhasil menawarkan lebih dari tiga layanan digital, yakni transportasi (ride-hailing), e-commerce, pembayaran, pesan-antar makanan, belanja bahan makanan, dan lain-lain.

Aplikasi super atau super app dinilai dari empat indikator, yakni pengalaman pengguna, keterlibatan, kesadaran, dan kegunaan.

"Mengingat ketidakpastian bagaimana Super App diartikan, pertama kami merancang kriteria untuk menentukan apa itu Super App. Hal itu memungkinkan kami untuk membuat daftar kandidat Super App di setiap negara," jelas Soeprapto Tan, Managing Director Ipsos Indonesia seperti dikutip dari siaran pers pada Kamis (7/4/2022).

Indonesia memiliki deretan super app terpanjang di antara negara lain, dengan yang teratas seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, JD ID, BliBli, Bukalapak, Grab, Gojek, dan Traveloka.

Survei ini dilakukan oleh perusahaan riset pasar Ipsos dengan melibatkan 3.500 responden di enam negara Asia Tenggara.

Temuan ini juga didukung oleh laporan Ipsos sebelumnya yang dirilis pada Januari, di mana separuh dari masyarakat di Asia Tenggara lebih suka berbelanja online dan menggunakan pembayaran non tunai.

Mayoritas pengguna aplikasi digital di Asia Tenggara atau sebesar 82 persen memesan pengiriman makanan dan 43 persen menggunakan layanan kendaraan online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lazada StartUp shopee grab indonesia
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top