Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inilah Daftar 5 Startup Legaltech Terbaik di Indonesia

Legaltech mencakup segala jenis produk dan jasa yang berkaitan pada layanan inovatif berbasis teknologi untuk meningkatkan pelayanan dalam hal legalitas.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 06 April 2022  |  10:38 WIB
Ilustrasi startup -
Ilustrasi startup -

Bisnis.com, JAKARTA – Perkembangan Internet yang pesat mendorong permintaan layanan yang serba digital untuk berbagai bidang kehidupan. Salah satu yang berkembang saat ini adalah digitalisasi untuk jasa legal atau hukum yang dibutuhkan oleh berbagai sektor formal.

Hal ini mendorong munculnya sejumlah startup teknologi di bidang jasa legal atau dikenal dengan legal technology (legal tech). Legaltech mencakup segala jenis produk dan jasa yang berkaitan pada layanan inovatif berbasis teknologi untuk meningkatkan pelayanan dalam hal legalitas.

Startup di bidang ini menawarkan berbagai macam jenis layanan konsultasi dan bantuan hukum dengan cara yang mudah. Berikut daftar startup Legaltech Terbaik di Indonesia per awal April 2022 berdasarkan data CrunchBase, situs yang berisi lebih dari 500 ribu data perusahaan besar dan perusahaan rintisan (startup).

1. Hukumonline.com

Hukumonline telah didirikan oleh para pemerhati hukum sejak awal era reformasi. Hukumonline digagas guna memberikan edukasi kepada masyarakat tentang dunia hukum di Indonesia.

Menghadapi era disrupsi, Hukumonline kini telah bertransformasi menjadi regulatory-tech company. Hukumonline tidak hanya mengedukasi, tetapi juga menyediakan produk serta jasa hukum terlengkap dan terintegrasi dengan memanfaatkan teknologi.

2. Legalku

Legalku merupakan startup legaltech yang didirikan pada tahun 2017 dan menyediakan jasa legal secara online. Legalku telah membantu para wirausahawan dalam lingkup mikro, kecil hingga menengah di wilayah Indonesia.

Selain itu, startup ini telah menjadi mitra dari berbagai Asosiasi Pengusaha, Dinas Pemerintahan dan Perusahaan Rintisan (Start-Up) di Indonesia.

Sebagai startup di bidang legaltech di Indonesia, Legalku memiliki layanan untuk membantu pengusaha untuk mendapatkan perizinan usaha, pendirian perusahaan, dan pendaftaran hak kekayaan intelektual.

Hingga saat ini, startup yang berpusat di Bandung ini telah menjalin kemitraan dengan ratusan mitra yang terdiri dari konsultan hukum, notaris, inkubator, coworking space, virtual office, dan konsultan pajak.

3. SAH.co.id

SAH.co.id merupakan platform jasa legalitas bisnis yang berusaha untuk membuat layanan jasa legalitas lebih mudah dijangkau dan diakses secara sederhana dan instan bagi UMKM Indonesia.

Memiliki layanan yang hampir sama seperti Legalku, SAH.co.id fokus melayani berbagai jenis jasa legalitas bisnis untuk UMKM dan startup.

Beberapa layanan SAH.co.id antara lain pendirian badan usaha, penanaman modal asing, pendaftaran merek, pengurusan izin, perpajakan, pembuatan akta dan kontrak perjanjian, serta perubahan dan pembubaran badan usaha. Proses dilakukan secara full online sehingga dapat dipantau progresnya kapanpun dan di manapun.

4. Justika

Justika merupakan anak perusahaan dari Hukumonline yang berfokus pada segmen pasar menengah. Justika melayani berbagai jasa bantuan dan konsultasi hukum mulai dari perkawinan, hutang piutang, waris, bisnis, kontrak usaha, ketenagakerjaan dan lainnya. Berdiri sejak bulan Juni 2018, Justika telah melayani klien dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Lombok, Gresik, Sumatera, hingga Papua.

5. KontrakHukum.com

KontrakHukum merupakan platform digital di bidang Legaltech yang didirikan oleh Rieke Caroline. Kontrakhukum telah melayani lebih dari 5000 bisnis sejak 2016.

Startup ini mengusung misi mengedukasi pengusaha kecil menengah serta startup agar mengenal hukum sejak dini. Selain melayani jasa konsultasi dan layanan hukum, Kontrakhukum juga melayani berbagai pelatihan hukum, seperti Legal Workshop, Legal Mentor, dan Legal Clinic.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp bantuan hukum
Editor : Thomas Mola

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top