Cek! 10 Aplikasi Jadwal Puasa Ramadan Gratis yang Bisa Diunduh

Akbar Evandio
Selasa, 5 April 2022 | 15:04 WIB
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) kembali meluncurkan fitur tambahan yaitu jadwal imsakiyah dalam menyambut bulan suci Ramadan dalam aplikasi NU Online Super App./Istimewa
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) kembali meluncurkan fitur tambahan yaitu jadwal imsakiyah dalam menyambut bulan suci Ramadan dalam aplikasi NU Online Super App./Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Aplikasi jadwal puasa Ramadan menjadi andalan dalam memudahkan umat Islam untuk mengetahui jadwal imsakiyah dan salat secara pasti, sesuai lokasi di mana mereka berada.

Adapun, kemampuan aplikasi jadwal puasa Ramadan pada umumnya diharapkan dapat memudahkan pengguna mengetahui jadwal lengkap sholat 5 waktu, buka puasa, dan sahur atau imsakiyah.

Selain itu, ada pula fitur menarik seperti baca Alquran daring, tersedia materi kumpulan doa, dan masih banyak lagi menjadi bagian yang menarik minat pengguna untuk mengunduh aplikasi tersebut ke ponselnya.

Berikut 10 aplikasi jadwal puasa Ramadan gratis yang bisa diunduh:

NU Online Super App

Aplikasi yang diusung oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini memiliki sedikitnya 16 fitur andalan, mulai dari Al-Qur'an, Doa & Wirid, Maulid, Kompas Kiblat, Kalender Hijriah, Tutorial Ibadah, hingga Tasbih Digital dan Kalkulator Zakat.

Tidak hanya itu, terdapat penambahan fitur baru lainnya dalam pembaruan aplikasi NU Online Super App yaitu untuk peningkatkan layanan keagamaan selama Ramadhan 1443 H dan Ziarah.

Menu-menu yang disajikan dalam fitur ini menyangkut rutinitas ibadah selama bulan suci, mulai dari niat puasa, doa berbuka, bacaan Lailatul Qadar, sampai tutorial shalat tarawih dan witir lengkap dengan doa dan wirid sesudahnya.

Fitur ini juga diperkaya dengan kumpulan khutbah Jumat bertema Ramadhan, panduan teknis pelaksanaan zakat fitrah, takbiran, shalat Id, serta kompilasi khutbah Idul Fitri dalam aneka judul.

Adapun, pada fitur Ziarah disuguhkan titik-titik lokasi makam dan tapak tilas ulama atau tokoh dari berbagai penjuru Indonesia. Selain Google Map, fitur ini juga dilengkapi kolom biografi singkat, tempat dan waktu kelahiran/kewafatan, serta artikel atau video terkait dengan itu.  

Muslim Pro

Aplikasi Muslim Pro bisa digunakan untuk mengecek jadwal sholat, imsak, dan buka puasa di bulan Ramadan. Adapun pengguna akan menerima notifikasi jadwal ibadah dari aplikasi Muslim Pro yang disesuaikan dengan lokasi terkini.

Aplikasi ini juga dilengkapi fitur Al-Quran bertulisan Arab lengkap dengan fonetik, terjemahan, serta resitasi audio, kemudian penunjuk arah Kiblat, kalender Hijriyah, serta peta untuk menemukan lokasi rumah makan halal dan Masjid.

Kalender Puasa

Aplikasi jadwal puasa Ramadhan yang lain adalah Kalender Puasa yang memiliki tampilan antarmuka sederhana. Kesederhanaan ini yang membuat penggunanya menjadi sangat mudah dalam menggunakannya. Bahkan, selain menampilkan jadwal puasa Ramadan, Kalender Puasa juga menampilkan informasi jadwal puasa sunnah.

Sahabat Puasa

Sahabat Puasa memiliki fitur pengingat waktu puasa yang akan selalu memberikan notifikasi untuk melakukan puasa di hari selanjutnya. Pengguna juga dapat membuat perencanaan ibadah puasa serta melihat progresnya dari hari ke hari.

Sahabat Puasa dilengkapi dengan tutorial yang mudah dipahami. Mengatur jadwal puasa dengan menggunakan aplikasi ini akan membantu penggunanya menjadi lebih disiplin.

Athan Pro

Aplikasi Athan Pro memiliki fitur yang dapat digunakan untuk menentukan awal dan akhir puasa, yang dilengkapi waktu salat, imsak, dan berbuka puasa. Aplikasi ini memberikan notifikasi berupa suara azan apabila sudah memasuki waktu ibadah tertentu, sehingga dapat meminimalisir tertinggalnya saat ingin menjalankan ibadah.

Selain itu, aplikasi ini akan menyesuaikan dengan lokasi terkini dan dilengkapi dengan fitur penunjang ibadah lainnya seperti penunjuk arah kiblat, bacaan Alquran, dan lainnya.

Muslim Go

Aplikasi Muslim Go memiliki fitur yang dapat menyediakan jadwal ibadah yang akan diperbarui setiap harinya, informasi waktu salat, imsak, dan berbuka puasa melalui aplikasi ini. Aplikasi ini digunakan sebagai alarm atau pengingat pengguna untuk kebutuhan berbuka puasa yang dilengkapi dengan notifikasi suara azan, tentunya sudah disesuaikan dengan lokasi terkini dari pengguna.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur kumpulan doa, niat salat sunnah hingga artikel fiqih, aqidah, dan dapat mendengarkan suara lantunan dari berbagai qori atau pembaca ayat Al quran, diantaranya Syeikh Misyari Rasyid.

Alquran Indonesia

Aplikasi Alquran Indonesia memiliki fitur utama mengenai bacaan Alquran dan akan mendapat notifikasi di layar ponsel saat memasuki waktu salat, imsak, dan berbuka puasa.

Notifikasi pada aplikasi ini dilengkapi juga dengan suara azan dan penunjuk arah kiblat salat. Selain itu aplikasi ini difasilitasi dengan tajwid yang berwarna, penanda bacaan, lantunan Al quran yang di bacakan qari dan lainnya.

Usholli

Aplikasi Usholli memiliki fitur jadwal salat yang meliputi jadwal imsak dan berbuka puasa selama bulan Ramadan. Pengguna pun dapat mengatur notifikasi yang dapat diatur sesuai dengan waktu salat yang diinginkan.

Selain itu, aplikasi ini memberikan jadwal salat yang meliputi 33 provinsi dan lebih dari 500 kota di seluruh Indonesia yang dapat diatur dan disesuaikan dengan waktu salat masing-masing daerah. 

Umma

Aplikasi Umma memiliki fitur menampilkan jadwal ibadah, seperti menampilkan dan memberikan notifikasi terkait waktu salat, imsak, dan berbuka puasa selama Ramadan. Aplikasi ini juga menunjang pengguna saat beribadah dengan video live streaming siraman rohani dari para ustaz.

Selain itu, aplikasi ini juga terdapat fitur belajar mengenai Al Quran, mempelajari ayat-ayat Al quran, menandai Al quran, menyimpan Al quran, dan mendengarkan kembali lantunan ayat Al quran yang disukai. Aplikasi ini memiliki fitur lain berupa tanya-jawab mengenai gaya hidup dalam pandangan islam.

Yuk Puasa

Aplikasi ini menggunakan panduan kalender hijriah dari Umm Al-Qura Hijri Calendar. Beberapa fitur andalan dari aplikasi Yuk Puasa ini diantaranya adalah kalibrasi hari hijriah, widget yang menampilkan 2 puasa yang akan datang, kalender puasa, serta notifikasi pengingat puasa untuk keesokan harinya.

Selain itu, aplikasi ini adalah desain antarmuka dengan pilihan warna yang sangat nyaman di mata. Pengguna juga bisa mengubah warna daftar puasa sesuai keinginan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper