5 Aplikasi Islami untuk Maksimalkan Ibadah Puasa Ramadan

Nabila Dina Ayufajari
Selasa, 5 April 2022 | 14:28 WIB
Aplikasi Islami Muslim Pocket Pro/Google Play
Aplikasi Islami Muslim Pocket Pro/Google Play
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ramadan adalah bulan suci umat Islam di seluruh dunia. Selain kewajiban berpuasa, selama bulan Ramadan, umat Islam juga melakukan banyak ibadah dan kegiatan bermanfaat lainnya. Berikut 5 aplikasi Islami yang bisa Anda unduh. 

Ramadan adalah ajang untuk seluruh umat Islam berlomba mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya. Oleh karena itu, tinggalkan kebiasaan buruk dan mulai fokus pada kebiasaan baik yang bermanfaat.

Sudah ada beberapa aplikasi yang dapat mempermudah umat Muslim untuk mencapai target ibadah harian sehingga menunjang ibadah puasa. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menambah wawasan dan ilmu tentang Islam.

Berikut rekomendasi 5 aplikasi Islami yang bermanfaat untuk ibadah dan mengisi waktu di bulan Ramadan

1. Umma: Quran Majeed Prayer Time

Aplikasi Muslim ini terbilang cukup komprehensif dan mudah digunakan. Selain itu, Umma juga menyediakan beberapa kebutuhan Muslim dalam sehari-hari.

Ada begitu banyak fitur yang dihadirkan, seperti Al-Quran dengan terjemahan dalam berbagai bahasa; kalender islami; ketepatan waktu salat dan jadwal imsak; notifikasi azan; pencari kiblat berbasis GPS untuk arah salat; doa harian; dan konten pendidikan Islam.

Tidak hanya itu, aplikasi ini terbilang lengkap dengan fasilitas streaming langsung dan tanya jawab. Pengguna dapat melihat khotbah langsung secara online, diskusi, dan sesi berbagi pengetahuan lainnya oleh Ustaz atau pakar Islam.

Fitur utama lainnya adalah uVoice untuk mendengarkan dan membuat podcast terkait konten Islami. Aplikasi Umma dapat diunduh melalui PlayStore atau AppStore.

2. Daily Muslim

Aplikasi Muslim lainnya adalah Daily Muslim. Dengan desain cantik yang dilengkapi oleh berbagai alat dan fitur, aplikasi ini dirancang untuk membantu pengguna meningkatkan praktik Islami sehari-hari.

Ada begitu banyak alat dan fitur yang dihadirkan, seperti pengingat waktu salat; kompas kiblat; Al-Quran dalam berbagai terjemahan bahasa; perpustakaan hadis dan doa sehari-sehari dalam berbagai terjemahan bahasa; dan kalkulator zakat.

Adapun, pengguna dapat mencapai target ibadah harian dan memasang pengingat motivasi. Aplikasi Daily Muslim dapat diunduh melalui PlayStore atau AppStore.

3. Muslim Pocket - Prayer Times, Azan, Quran, & Qibla

Muslim Pocket dapat memudahkan dan memberi tahu tugas-tugas Islam pengguna.

Aplikasi Muslim ini menyediakan waktu salat dan azan yang akurat; Al-Quran lengkap dengan tulisan Arab, fonetik, terjemahan, dan bacaan audio; pencari kiblat; kalender Hijriah Islam; waktu puasa; bacaan Asmaul Husna; dan tasbih.

Tidak hanya menyediakan fitur ibadah, Muslim Pocket juga memfasilitasi pengguna untuk bisa mencari restoran halal dan Masjid di sekitar pengguna. Aplikasi IslamQA dapat diunduh melalui PlayStore.

4. IslamQA

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, IslamQA hadir dengan fungsi yang memudahkan untuk membaca fatwa dalam 12 bahasa.

Tersedia dengan bebas iklan dan mudah digunakan, pengguna dapat belajar Islam karena aplikasi ini mengikuti ajaran Al-Quran dan Sunnah. Adapun pengguna dapat membagikan fatwa ke orang lain. Aplikasi IslamQA dapat diunduh melalui PlayStore atau AppStore.

5. Mindful Muslim

Meskipun aplikasi ini bukan menyediakan berbagai fitur atau alat ibadah, tetapi Mindful Muslim sangat berguna untuk para Muslim dalam aspek lain. Mindful Muslim dapat meningkatkan kesejahteraan emosional dan mental pengguna melalui obrolan audio terpandu tentang kisah-kisah Islami.

Di aplikasi Muslim ini, tersedia doa, ruqyah, Quran malam, suara alam, dan obrolan audio yang lembut untuk membantu pengguna tenang hingga tertidur. Adapun pengguna dapat memilih berbagai kisah Islami untuk membantu mengurangi kecemasan, insomnia, depresi, atau kekhawatiran.

Setiap cerita Islami yang tersajikan berasal dari sumber otentik, baik dari Al-Quran, Sunnah Nabi SAW, dan para ulama. Namun, perlu diketahui Mindful Muslim bukan aplikasi meditasi. Aplikasi Mindful Muslim dapat diunduh melalui PlayStore atau AppStore.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper