Aplikasi "Holiday" Karya Pemuda Asal Lamongan Raih Medali Internasional

Setyo Puji Santoso
Sabtu, 19 Maret 2022 | 12:30 WIB
Lambang Bintoro saat menunjukkan medali penghargaan/NU online
Lambang Bintoro saat menunjukkan medali penghargaan/NU online
Bagikan

Bisnis.com, LAMONGAN - Aplikasi "Holiday" yang dibuat Lambang Bintoro, pemuda asal Lamongan, Jawa Timur meraih medali perak dalam ajang Youth International Science Fair (YISF) 2022.

Dikutip dari laman NU Online, ajang yang digelar di Universitas Dian Nuswantoro, Semarang pada Senin-Kamis (14-17/3/2022) tersebut diikuti 673 tim dari 23 negara.

Dalam ajang tersebut, Lambang membuat layanan aplikasi Holiday, yaitu inovasi marketplace e-Ticket destinasi wisata Indonesia untuk mengontrol jumlah pengunjung di tengah pandemi Covid-19.

Melalui aplikasi yang dibuatnya itu, Lambang menjelaskan, dapat digunakan untuk pemesanan tiket wisata secara daring. Oleh karena itu, pengunjung tempat wisata tak perlu mengantre dan takut kehabisan tiket saat mengunjungi tempat wisata.

“Misi kami dengan membuat aplikasi ini yaitu untuk meningkatkan pengunjung di sektor pariwisata, khususnya di masa pandemi, dengan tanpa melanggar aturan pembatasan dari pemerintah,” ujar kader Pagar Nusa tersebut, Jumat (18/3/2022).

Ia menuturkan, bahwa produk tersebut dibuatnya sendiri. Mulai dari tahap pengembangan hingga legalitas aplikasi. Bahkan, saat ini juga dapat diakses melalui website holide.id.

Alumnus SMAN 2 Lamongan ini menceritakan, pada mulanya ada sejumlah keraguan dalam diri dan tim untuk melakukan hal tersebut. Di antaranya khawatir gagal dan rugi ataupun website tidak terpakai. Mengingat, dalam pembuatannya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

“Alhamdulillah, semua rintangan bisa dilalui. Mulai dari validasi user dan lain sebagainya. Saya rasa ini sedikit nekat, dan ini modal yang saya lakukan,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper