Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Operator Mulai Padamkan Jaringan 3G, Ini Pesan Kemenkominfo

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meminta pemadaman jaringan 3G yang dilakukan operator seluler tidak merugikan masyarakat.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 16 Maret 2022  |  16:21 WIB
Operator Mulai Padamkan Jaringan 3G, Ini Pesan Kemenkominfo
Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berharap pemadaman jaringan 3G yang tengah dilakukan bertahap saat ini tidak merugikan masyarakat.

Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos Dan Informatika Kemenkominfo berpesan kepada operator seluler agar memperhatikan kepentingan pengguna dalam mengambil langkah mematikan jaringan 3G. Apalagi, saat ini masih banyak wilayah yang belum terjangkau 4G.

"Jangan sampai ketika 3G dimatikan, masyarakat di wilayah tersebut tidak bisa mengakses layanan data. Jangan ketika diputus jaringan 3G, kemudian sama sekali tidak ada jaringan di sana. Jadi harus di-cover dulu dengan jaringan 4G,” kata Ismail dalam diskusi virtual, Rabu (16/3/2022).

Dia mangakui bahwa pemerintah dalam hal ini tidak keberatan bila operator menghentikan layanan 3G karena secara regulasi memang sudah menganut regulasi teknologi netral. Artinya keputusan itu ada di masing-masing operator. 

Terlebih saat ini, sambung Ismail, jaringan yang dibutuhkan masyarakat adalah broadband atau pita lebar yang dapat menyalurkan informasi dalam jumlah besar dengan kecepatan tinggi. Dalam konteks mobile network, ini diterjemahkan dalam bentuk teknologi 4G hingga 5G. 

"Namun ketika operator ingin menghentikan 3G silakan dilakukan tapi tetap harus menjamin layanannya tersedia di mana saja dengan kualitas terbaik dan tarif terjangkau. Jangan sampai kemudian masyarakat menjadi tidak tersedia layanan telekomunikasi atau ada lonjakan tarif yang luar biasa. Ini harus bisa dijawab terlebih dahulu oleh operator sebelum mengambil keputusan [memadamkan 3G]," ucapnya.

Sementara itu, Sekjen Asosiasi Penyelenggara Jasa Telekomunikasi Indonesia (Atsi) Marwan O Baasir menyebut sebenarnya saat ini jaringan 3G sudah banyak ditinggalkan di banyak negara. 

Maka dari itu, Atsi mendukung kebijakan pemerintah terkait penghapusan jaringan 3G sehingga operator akan bisa melakukan penataan ulang dan memberdayakan spektrum 2.100MHz yang ada untuk dapat dimanfaatkan mendukung jaringan 4G.

"Selain lebih efisien pemanfaatan jaringan 4G juga akan memberikan manfaat yang lebih baik bagi masyarakat atau pengguna dibandingkan 3G karena memiliki kecepatan akses yang lebih cepat. Tentunya dengan kenyamanan dan pengalaman yang lebih baik akan memberikan kemudahan dan dorongan masyarakat mengadopsi berbagai layanan digital," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

internet 3g kemenkominfo operator seluler
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

back to top To top