Indosat Ooredoo Hutchison Gandeng Huawei Pacu Integrasi RAN

Ahmad Thovan Sugandi
Sabtu, 5 Maret 2022 | 02:11 WIB
Pengunjung mencari informasi di salah satu gerai Indosat Ooredoo di Jakarta, Selasa (15/2/2022). Bisnis/Arief Hermawan P
Pengunjung mencari informasi di salah satu gerai Indosat Ooredoo di Jakarta, Selasa (15/2/2022). Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Operator telekomunikasi digital Indonesia, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mengumumkan kemitraan dengan penyedia TIK global Huawei dalam hal integrasi jaringan akses radio (Radio Access Network/RAN). Kolaborasi tersebut bagian dari upaya menghadirkan inovasi dan pengalaman digital serta layanan digital yang lebih baik di Indonesia.

Di sela-sela Mobile World Conference (MWC) 2022, IOH dan Huawei menandatangani kemitraan yang berfokus pada percepatan integrasi RAN secara menyeluruh, dalam rangka meningkatkan pengalaman digital bagi pelanggan serta sekaligus menghemat biaya yang harus keluarkan hingga penyelesaian proyek.

RAN merupakan salah satu bagian terpenting dalam jaringan, mewakili antarmuka pelanggan dan titik paling ujung dari jaringan. Hadir dalam upacara penandatanganan, Vikram Sinha, Presiden Direktur dan CEO IOH, Desmond Cheung, Chief Technology Officer IOH, Dennis Xiao, Chief Executive Officer Huawei Asia Pacific CNBG.

CEO IOH Vikram Sinha menyebut, Huawei merupakan mitra strategis perusahaannya dalam teknologi RAN dan E2E.

"Saya menyambut gembira atas pemilihan Huawei dalam mendukung pelanggan IOH di Indonesia. Kami percaya bahwa IOH dan Huawei akan meraih sukses bersama melalui kerjasama yang erat ini," ujarnya dalam rilis, Jumat (4/3/2022).

CTO IOH Desmond Cheung menyebut, perusahaannya memiliki kerjasama jangka panjang dengan Huawei. "Kami percaya dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik berkat dukungan besar Huawei melalui teknologi terbaru dan canggih, serta menghasilkan sinergi penghematan karena kecepatan capaian Huawei," ujarnya.

Sementara itu, CEO Huawei Asia Pacific CNBG Dennis Xiao menyebut, perusahaannya sangat yakin IOH akan mencapai kesuksesan bersama dengan kepemimpinan dari manajemen baru. 

"Berkat dukungan dari para pakar terbaik kami, kami mendukung sepenuhnya IOH melalui teknologi termutakhir serta capaian yang cepat," ujarnya.

Berdasarkan perjanjian kemitraan tersebut, Huawei akan menyediakan teknologi 4G dan 5G terbaru bagi IOH yang diklaim untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan memberdayakan masyarakat Indonesia serta mempercepat transformasi digital.

Selain itu, kemitraan jangka panjang IOH dengan Huawei juga diakui akan mendukung pemerintah dalam memberikan akses teknologi digital yang merata di Indonesia melalui penguatan infrastruktur jaringan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper