Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Nokia Ditunjuk Jadi Vendor Utama Jaringan Indosat Ooredoo Hutchison

Kesepakatan dengan Indosat tersebut meliputi beberapa solusi dari Nokia seperti AirScale Portfolio terbaru, yang akan mencakup area seluas 1,4 juta kilometer persegi di Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, Jawa Tengah dan Kota Surabaya.
Ahmad Thovan Sugandi
Ahmad Thovan Sugandi - Bisnis.com 04 Maret 2022  |  21:04 WIB
Nokia Ditunjuk Jadi Vendor Utama Jaringan Indosat Ooredoo Hutchison
Nokia dan Indosat Ooredoo Hutchinson menandatangani perjanjian kerja sama untuk Memperkuat Jaringan 5G di Indonesia. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Nokia hari ini resmi terpilih oleh Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) sebagai vendor utama untuk memperluas jaringan 4G dan 5G di seluruh Indonesia. Penunjukkan ini dituangkan dalam bentuk kesepakatan kerjasama selama 3 tahun. 

Kesepakatan komperhensif tersebut meliputi beberapa solusi dari Nokia seperti AirScale Portfolio terbaru, yang akan mencakup area seluas 1,4 juta kilometer persegi di Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, Jawa Tengah dan Kota Surabaya.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha menyebut, perusahaannya bangga dapat bekerjasama dengan mitra lama, yaitu Nokia, dalam proyek penting untuk mengkonsolidasikan dan memperluas jaringan.

"Solusi 5G-ready dan industry-leading dari Nokia akan membantu kami dalam memaksimalkan pemanfaatan aset, mengoptimalkan investasi kami di masa depan dan meningkatkan kinerja jaringan," ujarnya dalam rilis, Jumat (4/3/2022).

President of Mobile Networks Nokia Tommi Uitto menyebut, perusahaannya berharap dapat mendukung Indosat Ooredoo Hutchison dalam inisiatif penting untuk memperluas cakupan jangkauannya dan mempersiapkan jaringan untuk lebih banyak layanan 5G yang inovatif dalam waktu dekat.

"Menurut kami, Portofolio AirScale 5G-ready dari Nokia akan membantu Indosat Ooredoo Hutchison untuk meluncurkan layanan generasi berikutnya sekaligus membantu menurunkan biaya operasionalnya," ujarnya.

Dengan adanya kerjasama tersebut, diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pasar, meningkatkan kecepatan data serta pengalaman pelanggan dan juga sekaligus menyiapkan pengembangan awal jaringan 5G. Adapun peluncuran tersebut diharapkan dapat dimulai pada bulan Maret ini. 

Nokia akan menyediakan peralatan dari portofolio ReefShark-powered AirScale terbaru, termasuk BTS dan 5G Single Ran untuk cakupan layanan premium indoor (dalam ruangan) dan outdoor (luar ruangan). Layanan konsolidasi dari Nokia ini akan memastikan integrasi yang lancar untuk penggabungan spektrum yang dimiliki IOH ke dalam satu jaringan, serta memastikan dampak minimal bagi para pelanggan. 

Dengan teknologi Nokia, Indosat Ooredoo Hutchison diklaim akan dapat dengan cepat dan mudah melakukan upgrade ke layanan 5G dari jarak jauh dengan software update atau dengan plug-in card. Solusi AirScale Nokia yang diklaim hemat energi, juga akan memungkinkan bagi IOH untuk menekan biaya seminimal mungkin sekaligus juga meningkatkan kualitas layanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nokia teknologi 5G Indosat Ooredoo Hutchison
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top