Integrasi Blibli dan Tiket.com, Satu Aplikasi Bisa Buka Dua Layanan

Ahmad Thovan Sugandi
Senin, 14 Februari 2022 | 18:49 WIB
Blibli. /Blibli
Blibli. /Blibli
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Blibli berkolaborasi dengan Tiket.com untuk mengintegrasikan fitur dan layanan dari e-commerce serta online travel agent (OTA) dalam satu aplikasi.

Chief Marketing Officer Blibli Edward Kilian Suwignyo menyebut, kolaborasi tersebut merupakan bentuk efisiensi untuk menyediakan pemenuhan kebutuhan harian rumah tangga, mulai dari dari belanja gadget, elektronik, perabotan, dekorasi rumah, fashion, hingga kebutuhan rekreasi dan perjalanan.

"Kami melihat perjalanan dan wisata sebagai bagian dari kebutuhan sehari-hari, selain itu digitalisasi juga menuntut kemudahan akses untuk semua layanan," ujarnya dalam webinar, Senin (14/2/2022).

Edward mengatakan, dengan kolaborasi tersebut, para konsumen dapat menautkan akun mereka untuk kedua aplikasi dan layanannya. Dengan itu dalam satu aplikasi dapat diakses dua jenis layanan pokok, yaitu kebutuhan jual-beli barang, dan layanan perjalanan.

Dia menambahkan, penggabungan layanan tersebut merupakan tahap awal dari kerja sama antara Tiket.com dan Blibli. Selanjutnya akan ada lagi kerja sama lebih lanjut.

Menurutnya, seiring dengan adanya pandemi, kebiasaan masyarakat turut berubah dan belanja secara daring makin banyak diminati. Sinergi tersebut diharapkan turut menyatukan potensi dan jumlah konsumen dari masing-masing platform.

Blibli dan tiket.com mengaku optimis melalui sinergi strategis ini dapat menambah basis pengguna kedua aplikasi dengan potensi pertumbuhan transaksi pun melesat.

Sepanjang tahun 2020, Blibli mencatat pertumbuhan Year-On-Year sebesar 2,5 kali lipat, dengan pertumbuhan kategori produk yang tertinggi secara berurutan produk lokal (UMKM) di Galeri Indonesia, gadget dan elektronik, kebutuhan rumah tangga, serta Home and Living.

Berkomitmen untuk menjadi yang pertama dalam perannya sebagai OTA untuk membantu pemulihan industri pariwisata Indonesia, tiket.com mencatat pada Q4 2021, 5 destinasi wisata paling populer di kalangan masyarakat adalah Medan, Denpasar, Surabaya, Jakarta (Jabodetabek) dan Bandung. Jika dibandingkan dengan 2020, maka tiket.com mencatat pertumbuhan performa sebesar 40 sepanjang 2021.

Namun, langkah Blibli mengincar pasar kebutuhan harian melalui belanja daring nampaknya tidak mudah. Walaupun di tengah pandemi , masyarakat ternyata masih banyak berbelanja secara langsung (offline).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper