Dapat Kucuran Dana Rp1,28 Triliun, eFishery Siap Ekspansi ke Luar Negeri

Leo Dwi Jatmiko
Kamis, 13 Januari 2022 | 10:34 WIB
Gibran efishery
Gibran efishery
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – eFishery, perusahaan rintisan yang bergerak di sektor akuakultur, berencana mengembangkan layanan di luar negeri dengan tetap fokus memperkuat posisi di dalam negeri. 

Co-founder dan CEO eFishery Gibran Huzaifah mengatakan setelah melakukan uji coba solusi eFishery di beberapa negara, perseroan optimistis dapat tumbuh dan berkembang di luar negeri. 

Optimisme tersebut, lanjutnya, juga muncul setelah melihat melihat perkembangan tim dan industri yang tumbuh pesat.  

“Kami lebih yakin ini saat yang tepat untuk ekspansi baik itu memperkuat di dalam negeri maupun ke regional,” kata Gibran kepada Bisnis, Rabu (12/1/2022). 

Dia berharap ekspansi yang dilakukan dapat memberikan dampak besar terhadap pertumbuhan bisnis eFishery, terlebih belum ada produk dan layanan serupa di luar negeri. 

Sekadar informasi, eFishery baru saja mendapatkan pendanaan Seri C senilai Rp1,28 triliun.  Dana tersebut akan digunakan untuk memperkuat produk dan bisnisnya. eFishery juga berambisi untuk merangkul 1 juta pembudidaya ikan dalam 3 - 5 tahun ke depan. 

Dalam wawancara terpisah, Gibran mengatakan eFishery sudah komersialisasi di Thailand, bekerjasama dengan mitral lokal. 

Thailand dipilih karena secara lokasi tidak terlalu jauh dari Indonesia. Karakteristik pasar di Thailand juga hampir mirip dengan pasar di Indonesia, yang memudahkan eFishery dalam memperkenalkan produk. Di samping itu, sambungnya, Thailand juga memiliki petambak udang yang banyak. 

“Targetnya di 3 tahun kita ada di 10 negara,” kata Gibran . 

Dia menambahkan 10 negara yang akan dituju adalah negara-negara yang memiliki budidaya ikan yang baik seperti Indonesia. Negara-negara yang akan menjadi tujuan eFishery antara lain, Vietnam, Thailand, China, India, Bangladesh, Malaysia, Jepang, Filipina dan Korea Selatan. 

Gibran menjelaskan di negara mana pun eFishery hadir, eFishery akan bekerjasama dengan mitra lokal yang kuat di sana dan mengembangkan secara bersama produk yang diinginkan.  

“Kami sedang mendata mitra lokal potensial di negara-negara tersebut siapa saja,” kata Gibran.

Kerja sama dengan pemain lokal membantu eFishery untuk mengenal lebih dalam pasar yang akan dituju. Terlebih pasar yang akan dimasukkan adalah pasar di daerah-daerah rural.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper