Layanan CNI Group Tak Terganggu Kebakaran Gedung Cyber 1

Thomas Mola
Senin, 6 Desember 2021 | 14:26 WIB
Kebakaran gedung Cyber, Mampang/Antara
Kebakaran gedung Cyber, Mampang/Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Usai insiden kebakaran di lantai 2 Gedung Cyber 1 pada 2 Desember, PT Indonesia Super Corridor (CNI Group) memastikan bahwa seluruh fasilitas Data Center ISC Cyber-1 Lantai 9 tetap bekerja dengan baik dan tidak mengalami gangguan.

CNI Group menyebutkan terdapat 4 faktor yang membuat layanan data center Gedung Cyber-1 tetap dapat beroperasi dengan baik. Pertama, Data Center ISC Cyber-1 lantai 9 telah memiliki sertifikasi Tier III Facility dari Uptime Institute.

“Artinya, sistem infrastruktur data center kami yang terpasang, telah lulus dalam audit TCCF [Tier Certified Constructed Facility] pada bulan November 2019 oleh Uptime Institute, lembaga sertifikasi data center internasional,” tulis CNI Group dalam keterangan resmi, Senin (6/12/2021).

Alasan kedua, lanjut CNI Group, data Center ISC Cyber juga menggunakan sistem pendinginan yang independent dan sistem akses trapped door tahan api.

Kebakaran yang terjadi di Lantai 2 Gedung Cyber-1 berakibat menyebarnya asap ke seluruh koridor gedung Cyber, termasuk koridor lantai 9, tempat di mana Data Center ISC Cyber berada.

Berkat sistem pendinginan yang independent dan sistem akses trapped door tahan api, maka asap tidak masuk ke ruang data center.

“Dengan demikian sistem proteksi kebakaran di dalam ruang data center tidak mendeteksi adanya potensi kebakaran dan System Fire Protection tetap standby dalam posisi normal dan siap melindungi aset dalam data center saat terdeteksi potensi kebakaran.”

Ketiga, sistem kelistrikan Data Center ISC Cyber-1 lantai 9 memiliki 2 jalur distribusi listrik yang dedicated dan terpisah satu dengan yang lain, sejak dari lantai 9 sampai ke power house Gedung Cyber, sehingga jalur kelistrikan kami tidak terkena dampak atas terjadinya kebakaran di lantai 2 tersebut.

Keempat, saat terjadi musibah kebakaran tersebut, Data Center ISC Cyber-1 telah menerapkan Business Continuity Plan, sesuai dengan standar ISO 9001, ISO 14001, ISO 45001, ISO 20000-1, ISO 27001. Standar ini memastikan layanan bisnis tetap dapat berjalan sebagaimana mestinya tanpa terganggu.

“Kami juga atas nama manajemen CNI Group menyampaikan belasungkawa mendalam atas terjadinya musibah ini, yang menyebabkan 2 orang korban meninggal dunia. Semoga mereka mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah yang Maha Kuasa dan diterima segala amal ibadahnya,” tambah manajemen CNI Group.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Thomas Mola
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper