Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jenis-Jenis Gerhana Matahari, Yuk Kenali Perbedaannya

Gerhana Matahari merupakan suatu fenomena di saat Matahari, Bulan dan Bumi terletak pada satu garis lurus.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 04 Desember 2021  |  12:04 WIB
Gerhana matahari total di Sumatra Barat - Antara/Iggoy el Fitra
Gerhana matahari total di Sumatra Barat - Antara/Iggoy el Fitra

Bisnis.com, JAKARTA – Hari ini, Sabtu 4 Desember 2021 akan terjadi dua fenomena langit luarbiasa. Pertama adalah gerhana matahari total di Antartika, dan supermoon.

Namun ternyata tak semua wilayah di bumi dapat menyaksikan fenomena alam ini. Fenomena gerhana matahari total hanya dapat terlihat di Australia bagian selatan, Afrika bagian selatan, Amerika Selatan, Pasifik, Atlantik, Samudra Hindia, dan Antartika.

NASA akan menyiarkan secara langsung fenomena Gerhana Matahari Total yang terjadi di Antartika pada hari ini, Sabtu (4/12/2021). Sebelum melihatnya secara langsung, perlu diketahui apa itu gerhana Matahari, bagaimana proses terjadinya gerhana Matahari, dan apa saja jenis-jenis gerhana Matahari.

Dilansir dari publikasi Lapan, gerhana Matahari merupakan suatu fenomena di saat Matahari, Bulan dan Bumi terletak pada satu garis lurus. Bulan terletak di antara Matahari dan Bumi sehingga menyebabkan cahaya matahari yang terpancar ke Bumi terhalang oleh Bulan.

Menurut sains komunikator Langit Selatan Avivah Yamani, gerhana matahari dibedakan menjadi beberapa macam. Hal ini karena ada variasi bundaran Matahari terhadap Bulan yang terlihat dari sudut pandang di Bumi.

Berikut ini adalah perbedaan jenis gerhana Matahari yang terjadi:

Gerhana Matahari Total

Gerhana matahari Total terjadi ketika Bulan menutupi Matahari, sementara pengaman di Bumi teberada dalam umbra Bulan. Bundaran Bulan akan tampak lebih besar dari bundaran Matarahi saat posisi Bulan dan Matahari di posisi terdekat dengan Bumi.

Gerhana Matahari Cincin

Gerhana cincin terjadi pada saat Bulan berada pada titik terjauh dari Bumi. Bulatan Bulan hanya menutupi bagian tengah bulatan Matahari. Panjang kerucut umbra tidak cukup menutupi Bumi, sehingga yang menutup  bumi merupakan perpanjangan umbra Bulan yang disebut antumbra. Pengamat yang berada dalam antumbra akan melihat cincin Matahari terbentuk ketika Bulan melintas di antara Matahari dan Bumi.

Gerhana Matahari Parsial

Gerhana Matahari parsial atau sebagian terjadi pada saat permukaan Bumi tertutupi penumbra Bulan. Hal ini mengakibatkan Matahari tidak tertutup sempurna oleh Bulan sehingga masih ada bagian Matahari yang terlihat terang.

Pada saat gerhana Matahari sebagian, yang terlihat hanya berkurangnya cahaya Matahari, bukan gelap seperti saat gerhana cincin total. Besarnya cahaya Matahari yang berkurang saat gerhana Matahari sebagian tergantung pada lokasi, semakin dekat dengan daerah umbra di Bumi maka semakin banyak cahaya yang dihalangi oleh Bulan.

Jika posisi berada di perbatasan umbra dan penumbra, maka Matahari akan tampak seperti sabit tipis terang di siang hari. Sementara bila berada jauh dari daerah umbra atau di tepi luar penumbra, maka hampir tidak ada perubahan berkurangnya sinar Matahari yang tampak secara kasat mata.

Gerhana Matahari Hibrid

Gerhana Matahari hibrid atau gerhana Matahari cincin-total merupakan gerhana yang memiliki dua macam gerhana yang berbeda, yaitu gerhana Matahari cincin dan gerhana Matahari total.

Kedua gerhana tersebut terjadi dalam satu kali fenomena dan terjadi secara berurutan. Hal ini dapat terjadi karena bayangan umbra Bulan harus melewati lengkungan yang berbeda-beda pada daerah tertentu disebabkan bentuk Bumi yang bulat.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lapan Gerhana Matahari
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top