Layanan e-Fulfillment Untungkan Pedagang di e-Commerce

Ahmad Thovan Sugandi
Jumat, 5 November 2021 | 21:07 WIB
Ilustrasi e-commerce/CC0
Ilustrasi e-commerce/CC0
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bisnis layanan e-fulfillment dinilai akan membantu para pelaku usaha, termasuk UMKM yang masuk ke dalam e-commerce, karena bisa lebih fokus mengembangkan bisnisnya.

Peneliti ekonomi digital Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda menyebut, bisnis e-fulfillment merupakan industri turunan dari sektor e-commerce yang layanan dan fasilitas biasanya disediakan oleh sektor logistik.

“Para pedagang di e-commerce dibantu oleh pelaku bisnis e-fulfillment ini. Maka dari itu, perkembangan bisnis e-fulfillment ini sangat tergantung dari bisnis e-commerce itu sendiri,” ujarnya saat dihubungi secara daring, Jumat (5/11/2021).

Menurut Huda, untuk saat ini bisnis e-commerce masih sangat menjanjikan, sehingga bisnis e-fulfillment juga dipandang akan menguntungkan untuk terus dikembangkan ke depannya.

Ia menambahkan, saat penjual semakin banyak memperoleh pesanan, di saat itu bisnis bantuan layanan seperti e-fulfillment akan meningkat permintaannya.

Dia menjelaskan, keuntungan yang didapatkan oleh penjual berupa kemudahan, sehingga dapat fokus mengelola usahanya. Dengan begitu, bisnisnya dapat semakin berkembang, dan laba yang diperoleh akan meningkat.

“Bagi pelaku e-fulfillment akan mengambil keuntungan dari proses bisnis penjual dan pembeli. Namun, bagi pembeli, mungkin nantinya akan berpengaruh pada harga barang yang dijual, tetapi itu tidak akan signifikan,” ucapnya.

Kolaborasi yang tepat dalam ekosistem e-fulfillment, kata dia, adalah pelaku usaha di e-commerce dan startup sektor logistik.

Dia menuturkan, jasa e-fulfillment pun seharusnya bekerja sama dengan perusahaan asuransi terkait dengan pengiriman barang dan pengemasan, sehingga memberikan rasa aman kepada konsumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Lili Sunardi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper