Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak! 4 Perbedaan Smartwatch vs Smartband

Simak 4 perbedaan smartwatch vs smartband yang perlu Anda ketahui. 
Dinda Aulia Ramadhanty
Dinda Aulia Ramadhanty - Bisnis.com 21 Oktober 2021  |  16:16 WIB
Smartwatch vs smartband - dignited.com
Smartwatch vs smartband - dignited.com

Bisnis.com, JAKARTA - Di era teknologi yang kini semakin maju, berbagai produk gadget yang canggih terus diluncurkan. Tak terkecuali jam tangan pintar. Berikut perbedaan smartwatch dan smartband yang perlu Anda tahu.

Cara pemakaian dan fungsi smartwatch dan smartband sebenarnya mirip. Gadget tersebut dipakai di pergelangan tangan. Meski mirip jam tangan, keduanya sebenarnya memiliki fungsi dan fitur yang berbeda.

Melansir pada orissapost.com, ada beberapa faktor utama yang harus dipertimbangkan sebelum memilih antara smartwatch dan smartband. Simak 4 perbedaan smartwatch vs smartband yang perlu Anda ketahui. 

1. Ukuran

Pertama, perbedaan yang mencolok ada pada ukuran layar. Umumnya ukuran smartwatch lebih besar daripada smartband. Begitu juga dengan tampilan layarnya.

Selanjutnya, tampilan smartwatch biasanya memiliki ukuran antara 1–3 inci, dan smartband berukuran 1 inci. Selain itu, layar smartwatch sepenuhnya kompatibel dengan fitur layar sentuh sehingga dapat dikontrol dengan jari seperti smartwatch. 

Di sisi lain, sebagian besar smartband membatasi akses dengan tombol fisik untuk navigasi. Meskipun beberapa merek juga telah menawarkan layar sentuh. Ruang terbatas pada akses pada smartband juga mengartikan keterbasan penggunaan.

2. Fitur 

fitur pada smartband memang berfokus pada kebugaran untuk kebutuhan olahraga. Smartband menawarkan fitur seperti pedometer, monitor detak jantung, monitor tidur, dan fitur kesehatan lainnya. 

Sementara itu, smartwatch memiliki banyak fitur yang hampir menyetarakan smartphone seperti slot kartu SIM, konektivitas WiFi, kamera, 4G LTE, aplikasi mandiri, dan aplikasi. Bahkan, ada fitur kesehatan kompleks yang mungkin tidak akan ditemukan pada smartband.

3. Interaktivitas 

Ketiga, hal yang menjadi pembeda utama antara smartwatch dan smartband terletak di aspek interaktivitas. Pasalnya, smartwatch memiliki sistem operasi dan fitur yang lebih kompleks, ditambah layar yang lebih besar dan lebih baik, sehingga interaktivitas jauh lebih lancar dan canggih dibandingkan dengan smartband.

Faktanya, smartwatch dapat bekerja sendiri seperti cara kerja smartphone. Smartwatch dapat digunakan untuk SMS dan email, lalu memiliki kartu SIM di dalamnya sehingga dapat melakukan panggilan telepon. 

Selain itu, banyak smartwatch telah dilengkapi dengan speaker, yang memungkinkan penggunanya memutar musik dan slot kartu SD untuk menyimpan musik, gambar, dan hal-hal multimedia lainnya. Notifikasi juga secara signifikan lebih baik pada smartwatch daripada smartband.

4. Baterai dan Tampilan

Terkait ketahanan daya baterai dan harganya, smartband lebih unggul dan dari smartwatch. Minimnya ukuran layar dan fitur, membuat smartband tidak perlu sering-sering di-charge layaknya smartphone. 

Dalam menentukan mana yang lebih cocok, poin utama yang perlu dipertimbangkan oleh pengguna adalah jenis penggunaannya. Jika keseharian memiliki kegiatan yang sering berolahraga berarti perangkat yang perlu dipilih adalah smartband.

Namun, smartband tidak akan sesuai jika pengguna pakai di dalam ruangan. Pasalnya, smartwatch terlihat seperti jam tangan biasa yang dapat dipakai di setiap kesempatan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gadget smartwatch jam tangan pintar
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top