Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Belum Tetapkan Tarif 5G, XL Axiata Masih Fokus Edukasi Masyarakat

PT XL Axiata Tbk. masih fokus memberikan edukasi kepada masyarakat untuk merasakan langsung manfaat 5G dengan uji coba teknologi tersebut di sejumlah wilayah.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 26 September 2021  |  12:43 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – PT XL Axiata Tbk. masih fokus memberikan edukasi kepada masyarakat untuk merasakan langsung manfaat 5G dengan uji coba teknologi tersebut di sejumlah wilayah.

Head of External Communications XL Axiata Henry Wijayanto mengatakan bahwa pihaknya menyediakan kesempatan bagi masyarakat untuk mencoba jaringan 5G yang disediakan masyarakat. Langkah itu sebagai edukasi agar masyarakat bisa merasakan langsung manfaat dari teknologi tersebut.

“Selain itu, kami juga terus  mengembangkan kesiapan ekosistem 5G, termasuk bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti para pelaku industri yang memiliki kebutuhan terhadap pemanfaatan 5G secara optimal,” katanya pada Bisnis, Minggu (26/9/2021).

Hendry menjelaskan bahwa ketersediaan ekosistem menjadi hal yang penting bagi keberlanjutan bisnis 5G di masa mendatang. Pasalnya, teknologi 5G membutuhkan ekosistem pendukung, seperti jaringan, spektrum khusus, use case, dan device pendukung lainnya.

Untuk itu, XL Axiata menilai, masih diperlukan assessment lebih lanjut untuk komersialisasi 5G, sambil melihat kebutuhan pelanggan di lapangan.

Terkait tarif 5G yang akan ditawarkan, Hendry menjelaskan, XL Axiata akan memberikan layanan yang terjangkau kepada masyarakat. Tarif tersebut nantinya akan dikalkulasi dengan mempertimangkan beberapa faktor yang dipadukan dalam formulasi tertentu.

Menurutnya, daya beli masyarakat dan industri menjadi salah satu faktor yang akan dipertimbangkan dalam menentukan tarif 5G. Selain itu, perusahaan juga akan mempertimbangkan biaya investasi teknologi, biaya spektrum, ongkos promosi, dan pengembangan sumber daya manusia.

“Kami belum dapat menyampaikan besaran [tarif]-nya. Hal itu karena saat ini kami masih terus mengkaji faktor-faktor pertimbangan di atas,” tambah Hendry.

Selain itu, XL Axiata juga masih akan terus mengembangkan ekosistem 5G agar manfaatnya dapat dinikmati dengan optimal oleh masyarakat dan industri, sambil tetap menjamin keberlangsungan bisnis operator.

Seperti diketahui, saat ini XL Axiata baru menyediakan paket kuota 5G secara gratis dengan jumlah 25 GB untuk pelanggan yang telah menggunakan perangkat yang mendukung teknologi itu.

Paket data itu diluncurkan untuk keperluan edukasi dan memberikan pengalaman kepada para pelanggan untuk merasakan langsung kelebihan 5G di tujuh lokasi XL Center yang telah terlayani oleh jaringan 5G.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata teknologi 5G
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top