Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pembangunan SKKL Google Alphabet dan XL Axiata Masuk Tahap Konstruksi

SKKL Echo sepanjang 15.000 kilometer itu akan mendorong kemajuan ekonomi dan pengembangan teknologi.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 13 September 2021  |  17:54 WIB
Pembangunan SKKL Google Alphabet dan XL Axiata Masuk Tahap Konstruksi
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT XL Axiata Tbk. menyatakan proyek sistem komunikasi kabel bawah laut (SKKL) yang digarap bersama konsorsium Google Alphabet telah masuk tahap konstruksi untuk lokasi pendaratan. 

Sejalan dengan pembangunan tersebut, perusahaan berkode saham EXCL itu juga terus berkoordinasi dengan pemerintah dalam mengurus perizinan agar SKKL dengan nama Echo itu dapat berlabuh di Tanah Air. Perizinan dibutuhkan untuk percepatan pelaksanaan proyek tersebut. 

“Untuk lokasi pendaratan kabel (cable landing station) sudah memasuki tahap konstruksi,” kata Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih kepada Bisnis, Senin (13/9/2021). 

Dari sisi teknis, kata Ayu, dipastikan pelaksanaan proyek kabel tersebut melewati jalur dan zonasi yang direkomendasikan pemerintah.  

Adapun mengenai kabar ancaman badai matahari yang dapat mengganggu infrastruktur SKKL, Ayu enggan berkomentar. Dia hanya memastikan bahwa saat ini pembangunan SKKL tersebut tetap berjalan sesuai rencana dengan dukungan dari pemerintah. 

Pembangunan SKKL, ujar Ayu, nantinya dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai faktor dan tantangan yang ada termasuk faktor alam. Dalam implementasi pelaksanan pembangunan, XL Akan melibatkan berbagai pihak yang berkompeten di bidangnya. 

“Kami percaya akan dapat menyesuaikan dengan perkembangan dan kondisi yang ada,” kata Ayu. 

Sekadar informasi, Sistem Komunikasi Kabel Bawah Laut (SKKL) Echo direncanakan berlabuh di salah satu lokasi di Jawa Barat. 

SKKL Echo sepanjang 15.000 kilometer itu akan mendorong kemajuan ekonomi dan pengembangan teknologi, mengurangi ketergantungan akses internet dan data ke jaringan global, yang selama ini hanya tersedia melalui jalur Singapura dan Hong Kong. Proyek ini ditargetkan rampung pada 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata google sistem komunikasi kabel laut (skkl)
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top