Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ilmuwan Temukan Planet yang layak Huni Manusia, Pernah Ditinggali Alien?

Menurutnya, para ilmuwan telah mencari tanda molekuler seperti ini dan berfokus pada planet yang menyerupai Bumi, merupakan tempat yang masuk akal untuk memulai.
Ayyubi Kholid Saifullah
Ayyubi Kholid Saifullah - Bisnis.com 30 Agustus 2021  |  16:51 WIB
Ilmuwan Temukan Planet yang layak Huni Manusia, Pernah Ditinggali Alien?
Hycean
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para astronom baru mengidentifikasikan eksoplanet yang menyerupai Bumi dengan lautan besar “lebih besar dan lebih panas dari Bumi” dan berharap dapat menemukan kehidupan di planet itu dalam beberapa tahun ke depan.

Dilansir dari CBS News, planet yang ditemukan itu adalah Hycean merupakan sebuah planet yang diharapkan oleh para Ilmuwan dari Universitas Cambridge.

Planet ini diselimuti lautan dengan atmosfer kaya akan hidrogen layaknya Bumi, yang bisa mencapai 2,6 kali dari ukuran planet bumi. Akan tetapi planet ini memiliki suhu atmosfer hampir mencapai 392 derajat Fahrenheit, atau sekitar 200 derajat celcius.

Para astronom sebelumnya telah mengidentifikasi ribuan planet di luar Tata Surya kita, namun sebagian besar memang tidak memiliki kondisi yang mendukung untuk kehidupan, karena rata-rata memiliki suhu yang sangat rendah atau bahkan tidak memiliki sumber air.

“Planet Hycean membuka jalan baru dalam pencarian kita untuk kehidupan di tempat lain,” ujar Dr. Nikku Madhusudhan dari Cambridge Institute of Astronomy, pimpinan dalam penelitian identifikasi kelas baru suatu planet.

Menurutnya, para ilmuwan telah mencari tanda molekuler seperti ini dan berfokus pada planet yang menyerupai Bumi, merupakan tempat yang masuk akal untuk memulai. Madhusudhan berfikir bahwa, planet Hycean ini menawarkan sebuah peluang yang baik untuk menemukan jejak biosignatures.

“Deteksi biosignature akan mengubah pemahaman kita tentang kehidupan di alam semesta. Kita harus terbuka tentang di mana kita berharap menemukan kehidupan dan bentuk apa yang bisa diambil kehidupan, karena alam terus mengejutkan kita dengan cara yang seringkali tak terbayangkan.” lanjut Dr. Nikku Madhusudhan.

Salah satu penulis studi ini, Anjali Piette juga sangat tertarik dengan planet yang memiliki kondisi layak huni ini ada di planet selain di Bumi.

Hycean mungkin mendukung kehidupan untuk mikroba, seperti halnya lautan di planet kita, yang bisa jadi juga layak dihuni alien.

Alien sendiri memang tidak mesti mirip manusia, apapun kehidupan yang ditemukan di alam semesta bisa disebut alien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

planet alien
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top