XL Axiata (EXCL) Siapkan 5G untuk IoT Manufaktur dan Pertanian

Leo Dwi Jatmiko
Rabu, 25 Agustus 2021 | 14:45 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk. tengah mempersiapkan solusi internet untuk segalanya (internet of things/IoT) berbasis 5G untuk industri pertanian dan manufaktur.

Perusahaan berkode saham (EXCL) itu menggandeng dua perguruan tinggi, yaitu IPB University (IPB) dan Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra) untuk mendorong percepatan transformasi digital di kedua industri itu.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan keberadaan jaringan 5G diharapkan dapat membuka jalan bagi para pelaku industri untuk melakukan banyak efisiensi proses melalui transformasi digital dengan memanfaatkan infrastuktur cerdas IoT.

“Dengan kemampuan akses internet yang lebih cepat dan stabil, tersedianya jaringan 5G diperkirakan akan menjadi penggerak utama industri berbasis internet,” kata Darmayusa dalam konferensi virtual, Rabu (25/8/2021).

Kerja sama XL Axiata dengan kedua kampus akan berlangsung selama dua tahun ke depan.

XL Axiata melalui laboratorium pengembangan IoT X-Camp bersama kedua perguruan tinggi tersebut akan bersama-sama berbagi pengetahuan dan keahlian guna meningkatkan kompetensi agar mampu menyediakan platform berbasis IoT di jaringan 5G guna memenuhi kebutuhan dunia usaha, khususnya sektor pertanian dan manufaktur.

Darmayusa mengatakan IPB dikenal luas sebagai center of excellence di bidang pertanian yang memiliki sumber daya melimpah dalam menjawab tantangan industri pertanian.

Indonesia dengan lahan pertanian dan komoditi sumber daya alam yang melimpah membuka peluang penerapan teknologi guna menjawab kebutuhan atas penyediaan dan pemanfaatan data agrikultur yang presisi.

Sementara itu, sejumlah riset menyatakan bahwa digitalisasi infratruktur di Indonesia akan banyak diterapkan di sektor manufaktur. Polman Astra akan menjadi mitra yang tepat dalam menyediakan solusi dengan industri manufaktur, termasuk smart factory.

“Karena setiap pelaku industri memiliki kekhasannya masing-masing, maka solusi yang diberikan harus benar-benar menjawab kebutuhan yang terkadang sangat spesifik,” kata Darmayusa.

Robot Penanam Melon
Salah satu layanan solusi IoT yang sedang dikembangkan bersama IPB dan Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) antara lain Melon Harvesting Robot, yaitu solusi untuk penentuan waktu panen secara akurat dengan proses penggambaran (image processing).

Implementasi 5G XL Axiata untuk mendukung komunikasi waktu nyata (real-time) antara robot dengan peladen. Pengembangan selanjutnya adalah pembuatan robot prototype kedua untuk pruning daun melon.

Sementara itu, Polman Astra dan X-Camp bakal menerapkan 5G pada Quality Auto Inspection, yaitu solusi terkait kontrol kualitas barang hasil produksi yang berbasis pada proses penggambaran, dilanjutkan dengan pengantaran melalui drone hingga Auto Transfer - AGV (Automated Guided Vehicle).

Kasus pemanfaatan tersebut akan diterapkan di PT Akebono Brake Astra Indonesia. Selain itu, turut pula dikembangkan mesin CNC (Computer Numerical Control) yang akan didukung dengan konektivitas 5G sehingga bisa dikendalikan dari jarak jauh secara presisi.

Untuk pengembangan solusi digital berbasis IoT, XL Axiata melalui X-Camp telah bekerja sama dengan beberapa kampus guna menyediakan solusi untuk beberapa industri seperti pertanian, logistik, hingga gedung pintar.

Dengan hadirnya jaringan 5G, diharapkan pengembangan perangkat yang sudah dilakukan akan mengarah kepada solusi yang lebih kuat dan benar-benar menjawab kebutuhan dunia industri yang makin kompleks karena membutuhkan kecepatan transmisi yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper