NASA ke Bulan Pakai SpaceX Milik Elon Musk, Digugat Blue Origin Jeff Bezos

Ni Luh Anggela
Selasa, 17 Agustus 2021 | 15:36 WIB
Roket SpaceX/npr.org
Roket SpaceX/npr.org
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Blue Origin, perusahaan antariksa milik Jeff Bezos, mengajukan keluhannya di pengadilan federal terhadap NASA, melanjutkan protesnya bahwa NASA salah memberikan kontrak yang menguntungkan kepada SpaceX milik Elon Musk awal tahun ini.
 
Pengacara Blue Origin dalam pengajuan pengadilannya menuliskan, protes tawaran ini menantang evaluasi proposal yang melanggar hukum dan tidak pantas dari NASA.
 
Protes yang diajukan di Pengadilan Klaim Federal AS pada hari Senin (16/8), menandai langkah berikutnya dalam upaya perusahaan untuk membatalkan keputusan NASA.
 
Melansir CNBC, Selasa (17/8/2021), seorang  juru bicara Blue Origin mengkonfirmasi pengajuan gugatan, menambahkan bahwa mereka sedang mencari "untuk memperbaiki kekurangan dalam proses akuisisi yang ditemukan di Sistem Pendaratan Manusia NASA."
 
“Kami sangat percaya bahwa masalah yang diidentifikasi dalam pengadaan ini dan hasilnya harus ditangani untuk memulihkan keadilan, menciptakan persaingan, dan memastikan kembalinya ke Bulan dengan aman untuk Amerika,” kata Blue Origin.
 
“Pejabat badan antariksa saat ini sedang meninjau perincian kasus ini” kata juru bicara NASA dalam sebuah pernyataan kepada CNBC.
 
Pengajuan Blue Origin di pengadilan datang beberapa minggu setelah Kantor Akuntabilitas Pemerintah AS menolak protes perusahaan, dan mendukung keputusan NASA.
 
Keputusan GAO mendukung pengumuman mengejutkan badan antariksa pada bulan April bahwa NASA memberi SpaceX kontrak pendarat bulan senilai sekitar US$ 2,9 miliar. SpaceX bersaing dengan Blue Origin dan Dynetics untuk mendapatkan dua kontrak, sebelum NASA hanya memberikan satu kontrak karena alokasi program dari Kongres lebih rendah dari perkiraan.
 
Blue Origin tidak berhenti berjuang untuk memenangkan kontrak di bawah program HLS NASA, salah satu bagian penting terakhir dari rencana badan tersebut untuk mengembalikan astronot AS ke permukaan bulan. Sebelum pemberian kontrak pada bulan April, NASA telah membagikan hampir US$1 miliar dalam kontrak pengembangan konsep, dengan SpaceX menerima US$135 juta (sekitar Rp1,9 triliun), Dynetics US$253 juta (sekitar Rp3,6 triliun), dan Blue Origin menerima US$579 juta (sekitar Rp8,3 triliun).
 
Pengajuan pengadilan perusahaan pada hari Senin datang ketika Blue Origin telah meningkatkan ofensif hubungan masyarakat terhadap NASA menggunakan Starship generasi berikutnya dari SpaceX untuk mendaratkan astronot di bulan. Dalam serangkaian infografis komparatif, Blue Origin telah menekankan “jumlah teknologi, pengembangan, dan operasi yang belum pernah terjadi sebelumnya yang belum pernah dilakukan sebelumnya oleh Starship untuk mendarat di Bulan.”
 
Blue Origin minggu lalu merilis sebuah infografis yang menambahkan bahwa Starship adalah “kendaraan peluncuran yang belum pernah terbang ke orbit dan masih dirancang.”, mengutip laman twitter Michael Sheetz.
 
Musk segera membalas cuitan tersebut, memberikan pandangannya tentang perusahaan Bezos dan kritiknya.
 
"Hal yang menyedihkan adalah bahwa bahkan jika Santa Claus tiba-tiba membuat perangkat keras mereka menjadi nyata secara gratis, hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah membatalkannya," tulis Musk dalam sebuah tweet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper