Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Review Sinyal 5G Telkomsel Pakai Oppo Reno5, Internetnya Ngebut!

Bisnis.com menjajal sinyal 5G Telkomsel menggunakan Oppo Reno5 dari sisi kecepatan internet, performa, baterai, tampilan, hingga harga.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 30 Mei 2021  |  12:44 WIB
Tampilan belakang Oppo Reno5 5G. - Bisnis/Leo Dwi Jatmiko
Tampilan belakang Oppo Reno5 5G. - Bisnis/Leo Dwi Jatmiko

Bisnis.com, JAKARTA – Oppo Reno5 5G menunjukan kelasnya sebagai gawai yang telah mendukung 5G tahap awal di Indonesia yaitu 5G di n40 atau di pita 2,3 GHz. Selain terbukti dapat terhubung dengan jaringan 5G Telkomsel – jaringan 5G pertama di Indonesia – Oppo Reno5 5G juga memiliki sejumlah keunggulan yang tak kalah menarik. Berikut ulasannya.

Pada saat peluncuran 5G pertama secara komersial oleh Telkomsel, Bisnis mendapat kesempatan untuk menjajal hape Oppo Reno5 5G.

Oppo Reno5 5G yang digunakan oleh Bisnis.com, sebelumnya telah di-unlock fitur 5G nya, sehingga ketika menyalakan Oppo Reno5 5G, langsung terhubung dengan jaringan 5G Telkomsel.

Penting. Kami menyarankan bagi Anda yang ingin menggunakan jaringan 5G tahap awal dengan Oppo Reno5 5G, untuk meminta kepada penjual atau toko resmi Oppo untuk membukakan fitur 5G terlebih dahulu. Alasannya beberapa rekan media yang juga menggunakan hape 5G tidak dapat terhubung dengan jaringan 5G Telkomsel saat peluncuran teknologi baru itu secara komersial, Kamis (27/5/2021).

Kecepatan
Dengan terhubung jaringan 5G, kecepatan internet mencapai 122Mbps atau lima kali lipat lebih cepat dibandingkan dengan jaringan 4G di sekitar Gedung Telkomsel Smartf Office (TSO) saat itu.

Dengan kecepatan tersebut, hanya dibutuhkan waktu sekitar 4 menit 29 detik untuk mengunduh gim COD Mobile dan 3 menit 2 detik untuk mengunduh gim Asphalt 9. Keduanya merupakan gim dengan kategori file jumbo atau di atas 2GB.

Dengan kecepatan tersebut pula, nonton video dengan kualitas terbaik di YouTube terasa nyaman, tanpa hambatan karena Oppo Reno5 5G dapat masuk ke ‘jalur’ 5G yang lebih luas dibandingkan dengan 4G.

Gim
Karena terhubung dengan 5G, pengalaman yang dirasakan saat bermain gim COD Mobile sangat nyaman dan tidak ditemui gangguan apapun. Hasil tes jaringan dengan aplikasi Speedtest, Oppo Reno5 5G dapat menangkap ping hingga 19 milidetik. Adapun jika menggunakan aplikasi Opensignal, latensi yang dapat ditangkap mencapai -1 milidetik.

Adapun, nilai ping atau latensi ini mempengaruhi tingkat emosi kita saat bermain gim. Makin tinggi ping atau latensi, maka pengalaman pengguna saat bermain gim makin buruk karena gambar patah-patah, respons telat bahkan suka keluar sendiri karena putus jaringan. Ini tentu membuat gamers naik darah saat sedang bermain dan tanding dengan musuh.

Permasalahan-permasalahan di atas tidak ditemui saat menggunakan Oppo Reno5 5G yang telah terhubung jaringan 5G. Para rekan media mempunyai guyonan bahwa bermain gim dengan Oppo Reno5 5G, gamers bisa menembak lebih cepat dari lawannya, saking responsifnya.

Kenyamanan bermain gim dengan Reno5 5G juga muncul dari hawa hape yang tidak mudah panas. Meski dimaikan untuk COD Mobile selama 1 jam, hape Oppo Reno5 5G tetap dingin dibagian belakangnya.

Baterai
Mengenai daya tahan, Oppo Reno5 5G dibekali dengan baterai berkapasitas 4.300 mAh. Bukan yang terbesar dibandingkan dengan hape lainnya di kelas menengah. Meski demikian, beruntungnya Oppo Reno5 5G ditempelkan dengan perangkat pengisi daya 65W SuperVOOC yang dapat mengisi penuh hape hanya dalam waktu yang sangat cepat.

Dalam kondisi baterai habis, pengisian selama 15 menit telah membuat 55% kapasitas baterai terisi atau setengah kapasitas. Artinya untuk mengisi penuh, membutuhkan waktu sekitar 30 menit lebih sedikit.

Performa dan Tampilan
Gambarnya tajam dan kaya warna karena didukung dengan resolusi yang full HD plus, layar AMOLED dan refresh rate 90Hz. Tidak hanya itu, Oppo Reno5 5G juga memiliki opsi mode warna vivid serta natural, yang membuat gambar tampak lebih nyata.

Oppo Reno5 5G didukung dengan Snapdragon 765G yang membuat pengalaman pengguna saat memakai gawai ini terasa sangat nyaman. Mulus dan responsif. Kapasitas RAM yang sebesar 8GB membuat pengguna dapat melakukan berbagai aktivitas dalam satu waktu, sementara itu pengguna juga dapat menyimpan file hingga 128GB.

Hasil jepretan kamera Oppo Reno5

Hasil jepretan lensa wide Oppo Reno5./Bisnis-Leo Dwi Jatmiko

Kamera
Oppo Reno5 5G memiliki empat kamera belakang dan satu kamera depan. Kamera belakang didukung dengan lensa utama 64MP, lensa ultrawide 8MP, lensa makro 2MP dan lensa mono 2MP. Hasil foto tajam dan warna cerah.

Harga
Dari sisi harga, dilansir dari id.priceprice.com, per Mei 2021, Oppo Reno5 5G memiliki harga sebagai berikut:
Shopee: Rp4,6 juta
Tokopedia: Rp4,9 juta
Lazada: Rp5,5 juta.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkomsel oppo teknologi 5G
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top