Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kekurangan Pasokan Komponen, Produksi iPad dan MacBook Tertunda

Menurut laporan dari NikkeiAsia, kekurangan komponen chip kini telah memengaruhi bagian penting dari proses produksi Macbok. Itu adalah langkah memasang komponen pada papan sirkuit tepat sebelum perakitan.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 08 April 2021  |  19:08 WIB
MacBook Pro Diperkaya dengan Retina Display - cnet
MacBook Pro Diperkaya dengan Retina Display - cnet

Bisnis.com, JAKARTA - Produksi sejumlah perangkat Apple khususnya model MacBook dan iPad dilaporkan bakal mengalami penundaan karena masalah kekurangan komponen yang terjadi secara global. 

Menurut laporan dari NikkeiAsia, kekurangan komponen chip kini telah memengaruhi bagian penting dari proses produksi Macbok. Itu adalah langkah memasang komponen pada papan sirkuit tepat sebelum perakitan. 

Berdasarkan sumber NikkeiAsia, produksi iPad juga telah ditunda karena kekurangan komponen tampilan dan layar. Hal ini mendorong perusahaan menarik kembali sebagian pesanan komponen untuk dua produk tersebut. 

Sumber dari dalam industri dan pakar lainnya juga percaya bahwa penundaan ini adalah tanda bahwa masalah kekurangan cip semakin serius dan dapat berdampak lebih buruk kepada perusahaan teknologi yang lebih kecil. 

Apple adalah salah satu raksaa teknologi besar dunia dan menawarkan rantai pasok yang luas dan kompleks. Pengaruh dan kemampuannya untuk memobilisasi pemasok kemungkinan besar bisa membantu mengatasi kekurangan komponen global. 

Sampai saat ini, produksi perangkat ponsel pintar Apple yakni iPhone masih belum terpengaruh oleh kekurangan pasokan ini. Akan tetapi, sumber menyatakan bahwa pasokan komponen tertentu saat ini mengalami tekanan yang cukup ketat. 

Hingga kini, kekurangan komponen hanya menjadi masalah rantai pasok bagi perusahaan, dan belum memengaruhi ketersediaan produk bagi konsumen. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan hal tersebut akan berdampak langsung pada pasar. 

Sejumlah pihak bahkan telah menyatakan bahwa masalah kekurangan pasokan komponen perangkat teknologi bakal membawa dampak besar, termasuk kenaikan harga produk untuk smartphone hingga laptop. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ipad macbook pro apple retina
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top