Cara Cek Kondisi Baterai Laptop di Windows dan Macbook

Leo Dwi Jatmiko
Sabtu, 6 Maret 2021 | 18:32 WIB
Ilustrasi pengguna sedang mengetik kode siber./Reuters-Kacper Pempel
Ilustrasi pengguna sedang mengetik kode siber./Reuters-Kacper Pempel
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Windows telah melacak kinerja baterai laptop sejak perangkat lunak tersebut terpasang. Tidak hanya itu, teknologi tersebut bahkan mampu meramal umur baterai laptop kamu, dari cara kamu memakai laptop.

Dilansir dari The Verge, Sabtu (6/3/2021), hanya dengan dua baris perintah penerjemah atau Command Prompt, Windows dapat menunjukkan seperti apa siklus penggunaan baterai laptop kamu, bahkan dalam tiga hari terakhir. Cara tersebut juga akan memberi kamu gambaran tentang perkiraan masa pakai baterai, dari cara kamu menggunakan laptop.

Kamu juga bisa mengetahui gangguan pada baterai laptop akhir-akhir ini, apakah itu karena kelalaian atau karena beberapa virus daya di komputer yang menyedot banyak tenaga. Laporan ini akan memberi tahu kamu. Adapun untuk melihat kehebatan command prompt tersebut, caranya seperti ini.

Pertama, buka alat Command Prompt. Untuk melakukan itu, Anda dapat mencari "CMD" dari menu Start, dan klik pada Command Prompt untuk membukanya. Laporan tersebut akan ditampilkan sebagai file HTML, Kemudian melakukan itu, ketik: cd %HOMEPATH%/Desktop.

Perintah ini hanya menavigasi direktori kamu saat ini ke desktop, jadi saat kamu membuat laporan, kamu dapat menemukannya di sana.

Kemudian Untuk menghasilkan laporan, ketik: powercfg /batteryreport. Ini menjalankan alat powerconfig dan menyuruhnya mengeluarkan laporan baterai, yang sekarang ada di desktop kamu sebagai file HTML.

Klik dua kali file untuk membukanya di browser (atau mungkin menanyakan program atau file mana yang ingin kamu, yang akan menjadi browser Anda). Sekarang Anda dapat melihat semua informasi baterai di leptop kamu.

Adapun jika kamu baru saja membeli laptop bekas dan ingin mengetahui status baterainya, kamu mungkin bisa mempraktikan cara ini sebelum menghapus Windows, karena tampaknya jumlah siklus hanya mencerminkan apa yang terjadi pada pemasangan Windows saat ini.

Kemudian jika kamu adalah pengguna Apple atau Macbook, macOS memungkinkan kamu mengakses beberapa informasi baterai juga, meskipun tidak ada banyak data historis.

Untuk melihatnya, buka menu Apple di kiri atas, dan klik "About This Mac". Kemudian klik tombol Laporan Sistem, dan di bawah Perangkat Keras, buka Daya. Di sana, kamu dapat melihat jumlah siklus baterai, perkiraan kesehatannya, dan semua pengaturan daya saat ini.

Adapun, untuk melihat grafik penggunaan baterai selama 24 jam atau 10 hari terakhir, buka Preferensi Sistem lalu Baterai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper