Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anggaran Belanja IoT di Indonesia Bisa Tumbuh Dua Digit

Asosiasi Startup Teknologi Indonesia atau Atsindo menilai pertumbuhan belanja IoT di Indonesia bisa mencapai dua digit pada tahun ini.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 12 Maret 2021  |  19:17 WIB
Ilustrasi Internet of things
Ilustrasi Internet of things

Bisnis.com, JAKARTA – Belanja internet untuk segala (internet of things/IoT) dinilai akan tumbuh hingga dua digit pada tahun ini seiring dengan makin besarnya kebutuhan digitalisasi Indonesia ke depan.

Laporan firma riset pasar International Data Corporation (IDC) memprediksi pengeluaran perusahaan di kawasan Asia Pasifik (tidak termasuk Jepang) untuk belanja IoT akan kembali tumbuh di angka 10 persen ke atas pada tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya yang berada di 7,1 persen.

Ketua Umum Asosiasi Startup Teknologi Indonesia (Atsindo) Handito Joewono mengatakan belanja IoT di Indonesia pada 2021 diperkirakan lebih besar dari rata-rata asia pasifik, mengingat tingginya animo digitalisasi korporasi dan pemerintahan.

“Di Indonesia tumbuhnya bisa di atas 20 persen. Khususnya, sektor perbankan, pemerintahan, dan pendidikan bakal mengeluarkan banyak dana untuk belanja IoT di Indonesia,” katanya saat dihubungi Bisnis.com, Jumat (12/3/2021).

Hal senada juga dikatakan pengamat telekomunikasi dari ITB Ian Joseph Matheus Edward bahwa untuk pasar Indonesia belanja IoT akan meningkat mencapai 10 persen.

“Meningkat 10 persen, karena saat ini banyak pembangunan kota pintar [smart city], perangkat monitoring, finansial teknologi [fintech] dengan fitur contactless,” katanya.

Menurutnya, untuk sektor tersebut akan berbelanja IoT dengan aktif pada tahun ini untuk kebutuhan alat bayar, baik alat bayar vending machine maupun alat bayar scanner, seperti yang terintegrasi dengan data manusia.

Berdasarkan riset IDC turut menaksir pertumbuhan belanja IoT di Asia Pasifik yang sebesar dua digit persen akan terus berlanjut setidaknya sampai pada 2024 dengan taksiran compound annual growth rate (CAGR) pada 2020—2024 akan sebesar 11,7 persen.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Internet of Things
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top