Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kini, Naik Andong Malioboro Bisa Bayar Pakai DANA

DANA melakukan digitalisasi andong program QRIS Gumaton, sehingga transaksi pembayaran bisa dilakukan melalui dompet digital.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 02 Maret 2021  |  14:54 WIB
Andong di Malioboro Yogyakarta - Istimewa
Andong di Malioboro Yogyakarta - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - DANA melakukan digitalisasi terhadap 60 andong di Yogyakarta melalui program QRIS Gumaton yang diprakarsai oleh Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Chief People & Corporate Strategy Officer DANA Agustina Samara mengatakan program tersebut bertujuan mewujudkan ekosistem digital Tugu, Malioboro dan Keraton (Gumaton) sekaligus menyukseskan program 12 juta pengguna QRIS pada 2021. Salah satu pihak yang digandeng dalam Program QRIS Gumaton adalah Komunitas Andong Malioboro.

"Saat ini, tercatat 60 andong Yogya telah menggunakan QRIS–DANA untuk transaksi pembayaran," kata Agustina dalam siaran pers, Selasa (2/3/2021).

Dia mendukung inisiatif pemerintah untuk meningkatkan budaya contactless serta mendorong percepatan transformasi digital di kalangan pekerja informal dan pelaku UMKM di kawasan wisata Gumaton. Ini sejalan dengan misi perusahaan untuk membantu pengembangan UMKM dengan menghadirkan tekonologi finansial digital yang inklusif.

Selain mendigitalisasi 60 andong Yogya, melalui dukungannya terhadap Program QRIS Gumaton, DANA juga memperluas edukasi dan transformasi digital pelaku usaha di area tersebut. Ke depannya, DANA siap membantu digitalisasi lebih banyak pekerja informal dan UMKM di kawasan Gumaton, termasuk becak dan pedagang di Malioboro.

Selain untuk meningkatkan budaya contactless, Program QRIS Gumaton ditujukan demi mencegah peredaran uang palsu, mendorong efisiensi bertransaksi, meningkatkan keuangan inklusif dan memajukan pelaku usaha, yang pada akhirnya mendorong pertumbuhan ekonomi DIY.

Saat ini jumlah merchant QRIS di DIY sebanyak 166.038 dan diharapkan bertambah dua kali lipat atau lebih pada 2021. Sampai dengan akhir 2020, secara nasional tercatat 6 juta merchant QRIS. Bank Indonesia tahun ini menargetkan akseptasi 12 juta merchant QRIS di seluruh Indonesia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp malioboro
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top