Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wow! GoFood Catat Pertumbuhan Hingga 20 Kali Lipat

Meskipun dihadapkan dengan situasi pandemi, tetapi GoFood berhasil mencatat kontribusi margin positif pada 2020.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 23 Januari 2021  |  10:45 WIB
Go Food Festival di Gelora Bung Karno, Jakarta. - Antara
Go Food Festival di Gelora Bung Karno, Jakarta. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – GoFood fitur dari super app Gojek mengukuhkan kepemimpinannya di industri layanan pesan-antar makanan dengan mencatat kinerja bisnis positif dengan pertumbuhan pendapatan hingga 20 kali lipat dalam empat tahun terakhir.

Chief Food Officer Gojek Group Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan meskipun dihadapkan dengan situasi pandemi, tetapi GoFood berhasil mencatat kontribusi margin positif pada 2020.

“Hal ini merupakan pencapaian luar biasa di tengah pandemi yang semakin memperkuat fundamental bisnis GoFood untuk tumbuh secara berkelanjutan,” kata Catherine dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (23/1/2021).

Dia menjelaskan, teknologi GoFood memungkinkan pelanggan untuk tidak hanya mengandalkan fitur tersebut sebagai pengantaran makanan, tetapi juga menjadi destinasi bagi pelanggan untuk mengeksplorasi lebih dari 20 juta item menu makanan dan minuman di seluruh Indonesia, sesuai dengan kegemaran pelanggan.

Tak hanya diandalkan oleh pelanggan, Catherine menyebutkan fitur ini turut konsisten menjadi partner pertumbuhan bagi mitra usaha, terutama UMKM di mana segmen bisnis ini menunjukkan pertumbuhan pesat sebesar hampir 40 persen saat pandemi Covid-19.

“GoFood membantu usaha kuliner untuk go digital. Akhir 2020, tercatat 750.000 mitra usaha kuliner Indonesia bergabung bersama GoFood terutama di kategori UMKM, meningkat 50 persen pada tahun sebelumnya,” ujarnya.

Dia memerinci pada 2020, menu kuliner terlaris masih didominasi oleh dua juara bertahan yaitu ayam goreng dan kopi susu.

Selain itu, tiga menu lainnya yang merupakan pendatang didominasi oleh mie pedas, minuman campuran dengan bahan dasar susu segar yang dipadukan dengan matcha (teh hijau), pandan, bobba, dan kreasi unik lainnya, serta dimsum goreng jenis udang rambutan.

Catherine memprediksi memasuki 2021, tiga menu kuliner yang dianggap akan laris adalah dessert box (cake dalam kemasan), makanan dan minuman berbahan dasar milo, dan rice bowl dengan berbagai topping.

“Pada 2021 ini, GoFood akan terus merancang teknologi yang meningkatkan pengalaman lebih baik bagi pelanggan. GoFood mengedepankan teknologi personalisasi, serta berfokus menjadi destinasi dan referensi kuliner utama di Indonesia yang akan dihadirkan lewat beberapa fitur andalan sepanjang 2021,” paparnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi umkm kuliner Gojek Go Food
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top