Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Smartfren Mau Sewa Palapa Ring Timur, Sediakan 4G di Labuan Bajo

Smartfren ingin menyewa infrastruktur telekomunikasi Palapa Ring Timur agar bisa menyediakan jaringan 4G LTE di Labuan Bajo dan Kupang.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 14 Januari 2021  |  02:00 WIB
Pelanggan menunggu pelayanan di gerai Smartfren, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (5/1/2019). - Bisnis/Endang Muchtar
Pelanggan menunggu pelayanan di gerai Smartfren, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (5/1/2019). - Bisnis/Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA – PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) berencana memperluas layanan di destinasi wisata wilayah timur Indonesia dengan memanfaatkan infrastruktur telekomunikasi Palapa Ring Timur.

President Director Smartfren Merza Fachys mengatakan destinasi wisata yang dimaksud adalah untuk Labuan Bajo dan Kupang. Adapun, jaringan yang bakal disediakan di lokasi pengembangan perekonomian berbasis wisata tersebut adalah 4G LTE.

"Kami juga tengah mengkaji rencana pembangunan jaringan di Kupang dengan menggunakan Palapa Ring Timur,” kata Merza kepada Bisnis.com, Rabu (13/1/2021).

Dia menuturkan telah menggunakan Palapa Ring Barat untuk menggelar jaringan di Natuna dan Anambas. Infrastruktur telekomunikasi tersebut dinilai cukup baik dalam membantu layanan perseroan di kedua wilayah tersebut.

“Perkembangan penggunaan cukup baik, keberadaan jaringan kami di sana juga turut membantu masyarakat ketika diberlakukan program pembelajaran jarak jauh,” ujarnya.

Sekadar catatan, hingga Desember 2020, pemanfaatan kapasitas di Palapa Ring Barat mencapai 110 Gbps dari tiga proyek. Adapun jumlah penyewa di sana saat ini sebanyak enam penyewa.

Sementara itu, untuk Palapa Ring Tengah, jumlah penyewa mencapai 12 penyewa dengan pemanfaatan kapasitas sebesar 121 Gbps dari enam proyek.

Terakhir, untuk Palapa Ring Timur jumlah operator telekomunikasi yang telah menyewa sebanyak lima penyewa dengan pemanfaatan kapasitas untuk serat optik sebesar 132 Gbps dari sembilan proyek dan untuk microwave sebesar 2600 Mbps dari empat proyek.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smartfren telekomunikasi
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top