Indosat (ISAT): Infrastruktur Jaringan 5G Sudah Siap

Leo Dwi Jatmiko
Selasa, 12 Januari 2021 | 14:28 WIB
Seorang wanita mengoperasikan ponselnya di dekat logo teknologi 5G./REUTERS-Sergio Perez
Seorang wanita mengoperasikan ponselnya di dekat logo teknologi 5G./REUTERS-Sergio Perez
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Indosat Tbk. (ISAT) mengklaim infrastruktur jaringan telekomunikasi yang telah dibangun selama ini, hakikatnya sudah siap untuk mendukung penggelaran 5G.

Director & Chief Operating Officer Indosat Vikram Sinha mengatakan 5G merupakan investasi yang sangat penting di industri telekomunikasi.

Selama enam kuartal terakhir, Indosat menggenjot penggelaran jaringan, termasuk penggelaran serat optik, agar layanan yang diberikan makin prima sekaligus mempersiapkan diri dalam menyambut 5G.

“Kami juga bekerja dengan ketat dan dekat dengan regulasi serta mempersiapkan infrastruktur yang diberikan. Kami memiliki fokus yang sangat tinggi tehadap persiapan jaringan 5G,” kata Vikram dalam konferensi virtual, Selasa (12/1/2021).

Dia juga mengatakan bahwa manfaat investasi 5G akan makin terasa saat ekosistem 5G sudah siap. Perseroan terus menjalin komunikasi dengan regulator untuk melihat peta jalan frekuensi untuk 5G.

Untuk diketahui selain perangkat yang membentuk ekosistem, kehadiran 5G juga sangat bergantung oleh ketersediaan spektrum frekuensi. Dibutuhkan sekitar 100 MHz untuk merasakan manfaat yang sesungguhnya dari 5G.

Saat ini Indosat memanfaatkan spetktrum frekuensi sebesar 47,5 MHz yang tersebari di pita 850, 900, 1800 dan 2100 MHz. Pita frekuensi radio Indosat yang terbesar terdapat di pita 1800 MHz dengan 20 MHz. Jumlah tersebut masih sangat kurang untuk menggelar 5G secara mandiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper