Kalah Bersaing dengan Apple, Kinerja Samsung Meleset

Amanda Kusumawardhani
Jumat, 8 Januari 2021 | 09:29 WIB
Samsung Galaxy Fold 2./istimewa
Samsung Galaxy Fold 2./istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pendapatan Samsung Electronics Co. pada kuartal IV/2020 meleset dari perkiraan analis karena melemahnya penjualan ponsel dan harga chip memori.

Dikutip dari Bloomberg, perusahaan asal Korea Selatan ini mencatatkan pendapatan operasional senilai 9 triliun won (US$8,3 miliar) pada kuartal IV tahun lalu, sedangkan para analis memperkirakan pendapatan operasional bakal berkisar 9,52  triliun won.

Sementara itu, penjualan pada kuartal yang sama mencapai 61 triliun won. Perusahaan ini tidak melampirkan pendapatan bersih atau kinerja masing-masing divisi karena semua itu akan dilaporkan pada Januari tahun ini ketika hasil resmi dirilis.

Penjualan ponsel Galaxy tercatat melemah pada kuartal lalu seiring dengan dirilisnya ponsel iPhone 5G dan perusahaan China lainnya yang juga meluncurkan ponsel 5G.

Berdasarkan data Strategy Analytics, Samsung diperkirakan mengirim sekitar 41 juta ponsel 5G pada tahun lalu. Performa ini di bawah pengiriman Apple sebanyak 52 juta unit dan Huawei sebanyak 80 juta unit.

Perusahaan yang berbasis di Suwon ini berencana meluncurkan ser Galaxy S21 pada 14 Januari mendatang, lebih awal dari biasanya. Kompetitor lainnya yakni Xiaomi Corp, Oppo, dan Vivo juga terus berlomba untuk mengisi pasar yang ditinggalkan oleh Huawei akibat sanksi Amerika Serikat.

“Bisnis ponsel dan memori Samsung kemungkinan bakal kembali pulih mulai dari kuartal I/2021. Permintaan server sedang meningkat karena potensi kekurangan DRAM akhir tahun ini. Tren positif juga akan terjadi pada pasar memori dan berlanjut hingga akhir tahun ini,” kata analis Nomura Financial Investment C.W. Chung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Sumber : Bloomberg
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper