Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Peneliti Tangkap Sinyal Radio dari Planet Lain, Alien Ditemukan?

Kami menyajikan salah satu petunjuk pertama untuk mendeteksi eksoplanet di ranah radio
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 18 Desember 2020  |  07:52 WIB
Tata Surya - Reuters
Tata Surya - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Sekelompok peneliti percaya mereka telah mendeteksi semburan radio yang berasal dari konstelasi Boötes, menurut penelitian mereka yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Astronomy & Astrophysics.

"Kami menyajikan salah satu petunjuk pertama untuk mendeteksi eksoplanet di ranah radio," kata penulis utama studi tersebut, peneliti Universitas Cornell Jake Turner, dalam sebuah pernyataan dilansir dari Fox News.  

"Sinyalnya berasal dari sistem Tau Boötes, yang berisi bintang biner dan eksoplanet. Kami membuat kasus untuk emisi oleh planet itu sendiri. Dari kekuatan dan polarisasi sinyal radio dan medan magnet planet, itu kompatibel dengan  prediksi teoretis. " tambahnya.

Sistem Tau Boötes berjarak sekitar 51 tahun cahaya dari Bumi.  Satu tahun cahaya, yang mengukur jarak di luar angkasa, kira-kira 6 triliun mil.

Para peneliti membuat penemuan mereka berkat Low Frequency Array (LOFAR), sebuah teleskop radio di Belanda.

Setelah mengamati emisi radio dari Jupiter dan mengamati lebih dari 100 jam pengamatan radio yang diskalakan untuk meniru raksasa gas tersebut, mereka menemukan apa yang disebut tanda tangan "Jupiter panas", meskipun lemah, dalam sistem bintang ini.

"Kami belajar dari Jupiter kami sendiri seperti apa deteksi jenis ini. Kami mencarinya dan kami menemukannya," tambah Turner.

Selain emisi radio yang mungkin berasal dari konstelasi Boötes, mereka mungkin juga menemukan emisi radio lainnya, termasuk di konstelasi Cancer dan sistem Upsilon Andromedae.

Rekan penulis studi tersebut, Ray Jayawardhana, mengatakan jika para peneliti dapat memastikan emisi radio memang berasal dari konstelasi Boötes, hal itu dapat membuka "jendela baru di exoplanet, memberi kita cara baru untuk memeriksa dunia asing yang puluhan  dari tahun cahaya. "

Lebih dari 4.500 exoplanet telah ditemukan sejauh ini, dengan hanya sebagian kecil yang diduga memiliki sifat yang mengandung kehidupan.

Sebuah studi yang diterbitkan pada bulan November menunjukkan galaksi sebenarnya berisi 300 juta planet yang mampu mendukung kehidupan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

planet alien
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top