Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

3 Indonesia Ungkap Pentingnya Konsolidasi Operator Seluler

3 Indonesia mengaku masih membutuhkan konsolidasi antaroperator seluler untuk membuat layanan makin prima hingga sinergi belanja modal dan biaya operasional.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 02 Desember 2020  |  18:47 WIB
Menara BTS PT Hutchison 3 Indonesia
Menara BTS PT Hutchison 3 Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA – PT Hutchison 3 Indonesia menilai konsolidasi antaroperator seluler tetap dibutuhkan untuk terciptanya industri yang lebih sehat.

Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia Danny Buldanysah mengatakan alasan operator seluler berkonsolidasi tidak hanya semata-mata untuk penggabungan spektrum frekuensi, yang dapat membuat layanan operator makin prima, tetapi juga karena banyak hal.

“Konsolidasi juga untuk sinergi belanja modal dan biaya operasional, jadi misalnya biaya marketing tadinya dua menjadi satu setengah. Biaya operasiona; turun,” kata Danny kepada Bisnis.com, Rabu (2/12/2020).

Di samping itu, sambungnya, konsolidasi juga memperkuat posisi perusahaan merger di pasar Indonesia. Artinya dua perusahaan yang tadinya saling berkompetisi, pascakonsolidasi menjadi bersatu dan makin kuat.

Danny justru berpendapat bahwa berbagi spektrum frekuensi berpotensi membuat persaingan makin ketat.

Pasalnya, daerah yang awalnya hanya terdapat 1-2 operator seluler, dengan dibukanya berbagi spektrum frekuensi maka akan hadir lebih banyak operator yang membuat persaingan makin ketat dan saling banting harga.

“Sekarang kalau boleh berbagi spektrum tapi kompetisinya makin parah, bagaimana? Tidak ada manfaatnya, karena pasarnya sama,” kata Danny

Dia menegaskan bahwa konsolidasi masih sangat diperlukan untuk penyehatan industri telekomunkasi. Jumlah pemain terlalu banyak dan saling memperebutkan pasar yang sama pula.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telekomunikasi operator seluler 3 Indonesia
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top