Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menkominfo: Tugas dan Wewenang BRTI Kembali ke Kemenkominfo

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan tugas, fungsi dan wewenang beralih ke Kominfo usai BRTI dibubarkan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 30 November 2020  |  16:40 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate memberikan sambutan saat acara penandatanganan kerja sama pembangunan satelit Satria di Jakarta, Kamis (3/9/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate memberikan sambutan saat acara penandatanganan kerja sama pembangunan satelit Satria di Jakarta, Kamis (3/9/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Tugas dan wewenang dari Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) kembali ke Kementerian Komunikasi dan Informatika usai lembaga negara non-kementerian tersebut dibubarkan oleh Presiden Joko Widodo.

"Dengan pembubaran BRTI , maka tugas, fungsi dan wewenang beralih ke Kominfo. Dengan demikian Badan Regulasi melekat pada tugas fungsi Kemenkominfo," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Senin (30/11/2020).

Dia menambahkan Peraturan Presiden (Perpres) No. 12/2020 yang menjadi dasar hukum pembubaran BRTI termasuk Badan Pertimbangan Telekomunikasi (BPT) tersebut sudah diterbitkan dan berlaku efektif sejak diundangkan. Adapun, Perpres tersebut pada 26 November 2020.

Johnny menjelaskan perampingan dilakukan kepada lembaga-lembaga yang tugas fungsinya tumpang tindih, sehingga diharapkan dapat menciptakan sistem pemerintahan yang efisien, dan efektivitas birokrasi yang optimal.

Dia berpendapat pembubaran BRTI tidak menyalahi secara internasional. Di Indonesia tetap ada Badan Regulasi yang dipegang oleh neegara dalam hal ini Kemenkominfo.

"Sebagai regulator, pemerintah sejatinya akan bersikap independen terhadap industri, menjunjung tinggi transparansi, akuntabilitas sesuai perundang-undangan," ujarnya.

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) No. 112/2020 tentang Pembubaran Dewan Riset Nasionai-, Dewan Ketahanan Pangan, Badan Pencembangan Wilayah Surabaya-Madura, Badan Standardisasi Dan Akreditasi Nasional Keolahragaan, Komisi Pengawas Haji Indonesia, Komite Ekonomi Dan Industri Nasional, Badan Pertiivibangan Telekomunikasi, Komis Nasional Lanjut Usia, Badan Olahraga Profesional Indonesia, dan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telekomunikasi kominfo brti

Sumber : Antara

Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top