Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pengguna Snapchat di iOS Kini Bisa Unggah Konten dengan Musik Latar

Hadirnya fitur tersebut merupakan bagian dari upaya Snapchat untuk menyaingi TikTok dan Reels, platform serupa besutan Instagram yang belum lama ini diluncurkan.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 16 Oktober 2020  |  06:14 WIB
Snapchat - snapchat.com
Snapchat - snapchat.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kabar gembira bagi Anda pengguna Snapchat di platform iOS. Pasalnya, pengguna di platform tersebut kini bisa memasukkan musik latar di unggahan mereka.

Melansir The Verge pada Kamis (15/10/2020), fitur terbaru bagi pengguna platform besutan Apple itu sudah tersedia di seluruh dunia. Adapun sebelumnya, fitur tersebut hanya tersedia untuk pengguna iOS yang ada di Selandia Baru dan Australia untuk uji coba sejak Agustus 2020.

Hadirnya fitur tersebut merupakan bagian dari upaya Snapchat untuk menyaingi TikTok dan Reels, platform serupa besutan Instagram yang belum lama ini diluncurkan.

Walaupun demikian, belum ada informasi lebih lanjut mengenai kepastian hadirnya fitur tersebut di platform Android.

Pada kesempatan yang sama, Snapchat juga mengumumkan bahwa mereka akan menyiapkan fitur yang memungkinkan orang membuat suara mereka sendiri, dan fitur itu akan diluncurkan secara global dalam beberapa bulan mendatang.

Sampai dengan saat ini, Snapchat belum memiliki umpan seperti TikTok yang mendorong konten musik viral, seperti tarian atau meme, kepada pengguna dan malah berfokus pada kemitraannya dengan penerbit besar dan jejaring sosial yang lebih erat antar pengguna.

Jika seseorang menerima snap dengan suara, mereka dapat menggeser ke atas untuk melihat seni album, judul lagu, dan nama artis. Mereka juga dapat mengetuk tautan "Mainkan Lagu Ini" untuk mendengarkan lagu lengkap di platform streaming lainnya, termasuk Spotify, Apple Music, dan SoundCloud.

Snapchat tidak mengatakan seberapa besar katalog musiknya selain menyebutnya "kuat dan terkurasi". Mereka juga mengatakan kesepakatan lisensinya mencakup lagu dari Warner Music Group, Universal Music Publishing Group, Warner Chappell Music, BMG Music Publishing, dan lainnya.

Upaya yang dilakukan oleh Snapchat boleh dibilang sudah terlambat jika dibandingkan dengan para pesaingnya. Instagram memperkenalkan stiker musik untuk Stories pada 2019 dan meluncurkan pesaing TikTok langsungnya, Reels, pada Agustus.

Sementara itu, TikTok terus mendapatkan daya tarik dengan basis setia pengguna remaja dan dewasa muda pengguna Snapchat yang berarti platform tersebut dapat kehilangan keunggulannya jika pengguna ini tetap menggunakan TikTok alih-alih memeriksa atau memposting ke Snapchat.

Snapchat setidaknya perlu menghadirkan musik ke platformnya untuk mengimbangi para pesaingnya dan tetap relevan, meskipun hanya pengguna iOS yang mendapatkan akses pada awalnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

media sosial Snapchat
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top