Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Komentar Vivo Terkait Penggunaan Lagu Tanpa Izin untuk Iklan

Manajemen Vivo menjunjung tinggi budaya taat aturan atau perundang-undangan, termasuk hak cipta.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 29 September 2020  |  16:24 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Vivo Indonesia akhirnya angkat bicara terkait dengan tudingan penggunaan lagu tanpa izin untuk iklan ponsel terbarunya Vivo V20 yang tayang di YouTube.

Senior Brand Director vivo Indonesia Edy Kusuma menyatakan bahwa tudingan yang dilayangkan oleh musisi asal Norwegia, Anna of The North merupakan sebuah kesalahpahaman.

"[Terkait] hal tersebut yang ingin kami sampaikan bahwa [tudingan] itu adalah sebuah kesalahpahaman dari pihak ketiga yang berujung pada kejadian kemarin," katanya pada konferensi pers peluncuran V20 dan V20 SE yang digelar secara virtual pada Selasa (29/9/2020).

Edy menegaskan bahwa pihaknya sangat menghargai hak cipta dan menaati seluruh aturan yang berlaku di suatu negara maupun secara internasional.

"Sejak saya bergabung di perusahaan ini pada 2014 hingga saat ini. Yang saya lihat adalah perusahaan ini menjunjung tinggi budaya taat aturan atau perundang-undangan, termasuk hak cipta," tegasnya.

Adapun, terkait dengan permasalahan dengan Anna of The North, Edy menyebut sudah tuntas sepenuhnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Anna of the North melalui unggahannya di akun Instagram @annaofthenorth menuding Vivo Indonesia menggunakan lagunya untuk iklan V20 tanpa izin. Lagu yang dimaksud adalah "Dream Girl" yang dirilis pada 18 September 2019 di akun Youtube miliknya.

"Ekspresi wajahku ketika seseorang mencuri laguku kemudian menggunakannya untuk iklan besar dan mendapatkan keuntungan besar tanpa memberikan saya apapun. Geser untuk melihat hal gila ini," tulis Anna of the North dalam unggahannya.

Unggahan Anna of the North banjir komentar, sebagian besar pengikutnya berpendapat bahwa melodi dan instrumen musik lagu yang digunakan dalam iklan V20 sama seperti "Dream Girl". Selain itu, tak sedikit pula yang menyebut apa yang menimpa penyanyi berusia 31 tahun itu sangatlah mengerikan.

Tak lama setelah itu, Anna of the North juga mengunggah story yang menyatakan bahwa pihak Vivo telah menghubungi dirinya melalui surel. Namun, dia tidak menjelaskan apa yang disampaikan oleh Vivo melalui surel tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

youtube pembajakan vivo
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top