TaniHub Gandeng Garudafood Berdayakan Petani Kacang Tanah

Rio Sandy Pradana
Selasa, 22 September 2020 | 14:15 WIB
Ilustrasi TaniGroup./dok. TaniGroup
Ilustrasi TaniGroup./dok. TaniGroup
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - TaniHub Group, bekerja sama dengan produsen pangan nasional Garudafood, untuk meningkatkan kesejahteraan petani kacang, sejak Agustus 2020.

Melalui kerja sama tersebut, petani binaan TaniFund, platform peer-to-peer lending di bawah TaniHub Group, akan memproduksi kacang tanah yang akan diserap oleh TaniHub dan dipasok untuk Garudafood.

Satu bulan pasca ditandatanganinya kerja sama tersebut, para petani kacang bersiap menyambut musim panen. Kedua belah pihak melakukan seremoni sebagai penanda dimulainya musim panen kacang tanah.

Wakil Bupati Pati Saiful Arifin mengatakan petani kacang tanah memerlukan pendampingan dan jaminan pembelian atas komoditas mereka.

“Dengan adanya kejelasan offtaker [pihak yang menyerap komoditas], petani akan mendapatkan kepastian harga saat panen raya," kata Saiful dalam siaran pers, Selasa (22/9/2020).

Dalam kerja sama ini, TaniFund memberikan pembinaan kepada petani untuk proyek budidaya kacang tanah. Setelah panen, komoditas tersebut akan diserap oleh TaniHub dan dipasok untuk memenuhi kebutuhan Garudafood.

Menurutnya, pendampingan dari TaniFund, Koperasi Haraka, dan Garudafood dapat menjamin harga yang patut dan layak, supaya bisa menjadikan petani sejahtera.

Sementara itu, Ivan Arie Sustiawan, CEO TaniHub Group, mengatakan kerja sama ini merupakan bukti komitmen perusahaan yang selalu terbuka untuk berkolaborasi dengan banyak pihak untuk memajukan sektor pertanian Indonesia.

“Proyek kerja sama ini mencakup 37 hektare lahan dengan nilai Rp425 juta, dan berpotensi untuk naik menjadi 350 hektare di tahun ini dengan total nilai Rp3,5 miliar. Tentunya kami tidak ingin berhenti sampai di situ, karena kolaborasi yang bermanfaat bagi kedua belah pihak dapat berkembang di area-area lain, sehingga pada akhirnya dapat menguntungkan petani
dan masyarakat secara keseluruhan,” ujar Ivan.

TaniHub Group juga membuka peluang untuk memasarkan produk Garudafood melalui aplikasi TaniHub, dan terbuka potensi untuk TaniHub Group bermitra dalam supplier groceries goods, gula, tepung, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper