Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Tiga Operator Seluler Populer di Kalangan Mahasiswa

Berdasarkan data Ditjen Dikti Kemendikbud, terdapat tiga besar operator seluler yang banyak digunakan oleh mahasiswa.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 04 September 2020  |  13:20 WIB
Teknisi memasang prangkat base transceiver station (BTS) disalah satu tower di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (18/3 - 2020).
Teknisi memasang prangkat base transceiver station (BTS) disalah satu tower di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (18/3 - 2020).

Bisnis.com, JAKARTA - Ditjen Dikti Kemendikbud mengungkapkan hingga Jumat (9/4/2020) jumlah mahasiswa dan dosen penerima bantuan kuota yang telah terdaftar di Kemendikbud masing-masing mencapai 27 persen dan 37 persen atau setara dengan 2,2 juta mahasiswa dan 112.924 dosen.

Berdasarkan Data Pemantauan dan Evaluasi Data Isian Nomor Handphone Mahasiswa dan Dosen di Kemendikbud, wilayah barat mendominasi daftar penerima kuota data gratis dengan 28,30 persen untuk mahasiswa. Sementara itu untuk wilayah Tengah dan Timur, data yang masuk ke Kemendikbud baru 24,46 persen dan 21,24 persen untuk mahasiswa.

Adapun, dari sisi provider yang digunakan, dari 2,2 juta yang telah terdaftar sebanyak 59 persen menggunakan Telkomsel, 14,36 persen menggunakan Indosat dan 10,41 persen menggunakan Tri.

Kemudian untuk dosen, diketahui dari 112.924 yang terdaftar sebanyak 71,54 persen menggunakan Telkomsel, 14,4 persen menggunakan Indosat, dan 9,51 persen menggunakan XL.

Data tersebut masih terus berkembang dan ditargetkan jumlah keterisian data akan mencapai 90 persen pada 11 September yang merupakan batas waktu terakhir untuk mengimput data.

Sekadar catatan, Kemendibud telah menggarkan dana sekitar Rp9 triliun untuk mendukung program pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dari jumlah tersebut, sekitar Rp7,2 triliun akan digunakan untuk subsidi pulsa dan kuota data.

Kemendikbud melalui operator seluler akan memberikan kuota data sebesar 35GB untuk siswa dan 50GB untuk mahasiswa, agar beban mereka dalam membeli kuota dapat menjadi lebih ringan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telekomunikasi operator seluler
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top