Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Investasi Startup Tumbuh, Data Kesepakatan Startup Bukan Acuan

Mayoritas perusahaan modal ventura diperkirakan bakal menunggu dan melihat kondisi sebelum menyalurkan pendanaan kepada perusahaan rintisan pada semester II/2020.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 27 Agustus 2020  |  21:09 WIB
Ilustrasi kantor startup - Flickr
Ilustrasi kantor startup - Flickr

Bisnis.com, JAKARTA – Data transaksi kesepatakan pada kuartal II/2020 dinilai tidak mencerminkan kondisi transaksi kesepakatan yang sebenarnya.

Co-founder dan Managing Partner East Ventures, Willson Cuaca  menuturkan data investasi pada kuartal I dan kuartal II 2020, tidak terlalu akurat untuk menunjukkan kondisi pendanaan saat ini.

Dia menyatakan bahwa data tersebut diambil ketika investasi diumumkan. Padahal pengumuman  pendanaan terjadi sekitar 3 – 6 bulan setelah kesepakatan antara perusahaan modal ventura dengan perusahaan rintisan terjadi.

Angka yang lebih tepat menggambarkan kondisi sebenarnya, menurut Willson, akan tampak di kuartal III dan kuartal IV, dengan perkiraan pada kuartal IV/2020 lebih buruk, karena musim libur panjang sehingga transaksi kesepakatan jarang terjadi.   

“Banyak yang pada saat mengumumkan pendanaan menyatakan pendanaa digalang saat krisis. Menurut saya, itu tidak benar. Pernyataan seperti ini menggambarkan kondisi yang berbeda dari kenyataan,” kata Willson kepada Bisnis, Kamis (27/8).

Dia juga berpendapat bahwa mayoritas perusahaan modal ventura bakal menunggu dan melihat kondisi sebelum menyalurkan pendanaan kepada perusahaan rintisan pada semester II/2020.

Adapun untuk East Ventures, kata Willson, tetap akan melakukan aktivitas penyaluran pendanaan seperti biasa.

“Dalam hal pendanaan, mayoritas investor mengambil pendekatan wait and see. Buat East Ventures, kami bekerja seperti biasa,” kata Willson.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp covid-19
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top