Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Turun di Kuartal II/2020, Investasi Startup di Asean Masih Lebih Baik dari Uni Eropa

Laporan Cento Ventures mencatat volume transaksi yang diinvestasikan pada kuartal II/2020 menurun sebesar 15 persen, sedangkan jumlah kesepakatan yang terjadi pada kuartal II/2020 sebanyak 315.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 22 Agustus 2020  |  18:06 WIB
Ilustrasi startup -
Ilustrasi startup -

Bisnis.com, JAKARTA – Meskipun mengalami penurunan kuartal II/2020, realisasi investasi yang digelontorkan kepada perusahaan teknologi di Asia Tenggara masih lebih baik dibandingkan dengan wilayah lain.

Laporan Cento Ventures mengungkapkan pandemi Covid-19 telah membuat volume transaksi yang diinvestasikan pada kuartal II/2020 menurun sebesar 15 persen secara year-on-year (yoy).

Tercatat jumlah kesepakatan yang terjadi pada kuartal II/2020 sebanyak 315 kesepakatan, jumlah lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah kesepakatan yang terjadi pada kuartal II/2019 yang berjumlah 371 kesepakatan.

Laju penurunan kesepatakan pada kuartal II/2020 melajutkan tren negatif penurunan kesepakatan pada akhir 2019 lalu, yang hanya mencatatkan 329 kesepakatan.

Sementara itu, untuk jumlah modal yang diinvestasikan juga mengalami penurunan sebesar 13 persen secara tahunan, dari US$6.49 miliar menjadi US$5,63 miliar pada kuartal II/2020.  

Realisasi investasi di Asia Tenggara masih lebih baik dibandingkan dengan sejumlah wilayah lain, seperti India, Amerika Utara dan Uni Eropa.

Jumlah volume transaksi di India turun 16 persen yoy, dengan nilai transaksi yang juga turun sebesar 13 persen. Semetara itu volume transaksi di Amerika Utara turun 22 persen yoy dengan nilai investasi yang turun sebesear 8 persen dibandingkan dengan kuartal II/2019.

Uni Eropa mencatatkan penurunan volume transaksi dan nilai investasi yang paling dalam. Jumlah kesepakatan di Uni Eropa turun 27 persen secara tahunan dengan nilai investasi yang turun 21 persen secara tahunan.

Adapun secara global, dibandingkan dengan kuartal II/2019, jumlah kesepakatan pada kuartal II/2020 turun sebesar 42 persen dengan nilai investasi yang juga turun sebesar 7 persen.    

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi asia tenggara investasi startup
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top