Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Indosat Jamin Ekspansi 4G Tetap Lancar selama Pandemi

Indosat diketahui telah menyiapkan sejumlah cara untuk memperluas jaringan agar upaya ekspansi 4G tetap berjalan lancar selama pandemi Covid-19.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 03 Agustus 2020  |  09:21 WIB
GEDUNG INDOSAT. Bisnis - Himawan L Nugraha
GEDUNG INDOSAT. Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – PT Indosat Tbk. memastikan ekspansi jaringan tetap berjalan normal selama pandemi Covid-19, dengan menyiapkan sejumlah cara untuk memperluas jaringan.

SVP Head of Network Operation Indosat Agus Sulistio mengakui Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berdampak pada aktivitas ekspansi perseroan, tetapi perusahaan tidak tinggal diam dan melakukan langkah-langkah antisipasi.

Salah satu cara yang ditempuh, lanjutnya, adalah dengan melakukan pendekatan dengan pemerintah daerah agar aktivitas ekspansi diijinkan untuk berjalan dengan normal. Indosat mengingatkan pemda mengenai pentingnya layanan komunikasi di tengah pandemi ini.

Dia juga menampik asumsi yang menyebut bahwa Indosat mengalami perlambatan pembangunan BTS 4G selama masa pandemi ini.

“Kami tidak memperlambat ekspansi jaringan. PSBB memang berdampak pada aktivitas ekspansi, tapi kami sudah melakukan langkah-langkah antisipasi,” kata Agus kepada Bisnis.com, Minggu (2/8/2020).

Di samping berkomunikasi dengan pemerintah daerah, kata Agus, aktivitas ekspansi lain yang dilakukan perseroan adalah dengan optimasi spektrum frekuensi untuk meningkatkan kapasitas 4G.

Trafik di jaringan 4G mengalami peningkatan yang pesat selama pandemi dibandingkan trafik di 2G dan 3G, seiring perkembangan penggunaan aplikasi video.

Mengingat spektrum frekuensi adalah sumber daya yang terbatas, kata Agus, perseroan melakukan optimalisasi penggunaan spektrum untuk bisa melayani pertumbuhan kebutuhan pelanggan.

“Untuk layanan data, saat ini 4G adalah teknologi yang paling efisien, di mana 4G memberikan kapasitas jauh lebih besar dibandingkan 3G untuk lebar spektrum yang sama,” kata Agus.

Sekedar catatan, berdasarkan laporan info memo Indosat, pada kuartal II/2020, Indosat mengoperasikan 52.776 BTS 4G. Jumlah ini hanya bertambah 602 BTS dibandingkan dengan kuartal I/2020 yang berjumlah 52.174 BTS.

Jika melihat pembangunan BTS 4G pada beberapa kuartal terakhir, terlihat pada periode Januari – Maret 2020, pertumbuhan jumlah BTS 4G Indosat -- dibandingkan dengan Desember 2019 -- terbilang cukup signifikan yaitu sekitar 4.126 BTS.

Pada akhir 2019, jumlah BTS 4G yang dioperasikan Indosat sebanyak 48.048 BTS.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telekomunikasi indosat 4g
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top