Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Samsung Bakal Hilangkan Layanan Bixby dan Galaxy Apps Store

Samsung Electronics Co Ltd sedang mempertimbangkan untuk menghilangkan sejumlah layanan berbasis aplikasi di ponsel pintar Android-nya sebagai bagian dari kesepakatan pembagian pendapatan global baru dengan Google Alphabet Inc.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 30 Juli 2020  |  07:00 WIB
Samsung Galaxy M21 - Samsung
Samsung Galaxy M21 - Samsung

Bisnis.com, JAKARTA - Samsung Electronics Co Ltd sedang mempertimbangkan untuk menghilangkan sejumlah layanan berbasis aplikasi di ponsel pintar Android-nya sebagai bagian dari kesepakatan pembagian pendapatan global baru dengan Google Alphabet Inc.

Melansir GSM Arena pada Kamis (30/7/2020), Google dan Samsung sedang membahas kesepakatan yang akan mengganti asisten virtual Bixby di sejumlah ponsel pintar Samsung dengan Google Assistant. Selain itu, pabrikan asal Korea Selatan itu diketahui akan ikut menghentikan dukungan terhadap layanan Galaxy Apps Store-nya.

Kedua perusahaan saat ini sedang membahas persyaratan keuangan yang tepat dan menurut sumber yang dekat dengan masalah tersebut, kesepakatan harus diselesaikan pada akhir minggu.

Sebelumnya, melalui pernyataan yang disampaikan kepada Bloomberg, Samsung menegaskan kembali komitmennya untuk mendukung layanannya sendiri tetapi juga bekerja sama erat dengan Google dan mitra lain untuk menawarkan pengalaman terbaik kepada konsumen.

Diketahui Google telah mencoba selama bertahun-tahun untuk membuat Samsung selaku salah satu = pembuat perangkat seluler terkemuka di dunia dengan jutaan unit terjual, untuk menghentikan layanannya sendiri dan memberikan keunggulan yang lebih besar melalui Google Assistant dan Google Play Store.

Bixby merupakan asisten virtual dengan kecanggihan kecerdasan buatan (artificial inteligence/AI) layaknya Apple Siri, Amazon Alexa dan Google Assistant. Fitur yang ditawarkan oleh layanan yang diluncurkan pada 2017 ini terbilang sudah cukup untuk sekedar membantu dalam urusan keseharian penggunanya walaupun tak secanggih para pesaingnya.

Pengguna bisa memanfaatkan Bixby sebagai pengingat yang ditulis lewat teks. Selain itu, melalui fitur Bixby Home, penggunanya juga dapat meendapatkan informasi seputar cuaca, jadwal pertemuan, artikel berita dan lainnya.

Bixby juga dapat memberikan informasi sejumlah barang dalam foto yang diambil melalui kamera perangkat yang terintegrasi dengan fitur Bixby Vision. Bixby juga memiliki fitur yang dapat memberikan saran mengenai rutinitas apa yang bisa dilakukan oleh penggunanya seperti asisten sungguhan.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur Bixby Voice untuk lebih mengakses berbagai fitur yang ada di perangkat Samsung miliknya. Cukup ucapkan fitur apa yang ingin digunakan kemudian Bixby akan membukakannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gadget samsung
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top