Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wow, Eks Direktur Software Amazon Jabat Posisi Chief Technology Officer Gojek

Severan Rault merupakan salah satu tokoh senior di bidang engineering dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri teknologi global.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 22 Juli 2020  |  10:08 WIB
Pengemudi Ojek Online membeli pesanan makanan yang diorder dari aplikasi di Jakarta. Bisnis - Arief Hermawan P
Pengemudi Ojek Online membeli pesanan makanan yang diorder dari aplikasi di Jakarta. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Gojek menunjuk Severan Rault sebagai Chief Technology Officer (CTO) Group yang bertanggung jawab untuk keseluruhan teknologi ekosistem Gojek.

Severan akan bertanggung jawab untuk menyediakan akses terhadap beragam layanan mulai dari transportasi dan pembayaran hingga layanan pengantaran makanan, logistik dan sejumlah layanan on-demand lainnya, di samping juga mengelola tim engineering Gojek di Asia Tenggara dan India.

Severan merupakan salah satu tokoh senior di bidang engineering dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri teknologi global. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Direktur Software Development di Amazon, di mana Severan ikut memimpin tim yang menciptakan Amazon Prime Air yang merupakan layanan antar Amazon menggunakan pesawat nirawak (drone).

Sebelum berlabuh di Amazon, Severan menjabat beberapa posisi manajemen di Microsoft, antara lain sebagai Principal Architect di Bing, mesin penelusuran web (web search engine) milik Microsoft, serta Principal Development Manager untuk Microsoft OneApp - suatu aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan telepon seluler yang tidak memiliki kapabilitas penuh untuk berfungsi sebagai ponsel pintar (feature phones) untuk dapat mengoperasikan aplikasi seluler. Jenis ponsel seperti ini banyak ditemukan pada negara-negara berkembang.

Selain itu, Severan juga dikenal sebagai pencipta perusahaan solusi nirkabel Kikker Interactive, yang diakuisisi Microsoft pada 2008, serta perusahaan realitas maya (virtual reality) bernama Betawave yang menjadi perusahaan terakhir tempat ia bekerja sebelum bergabung dengan Gojek.

Severan mengungkapkan saat ini merupakan waktu yang menarik bagi Gojek karena perusahaan tengah memasuki fase penting peralihan dari startup ke perusahaan yang lebih matang. Menurutnya, menjadi bagian dari perjalanan tersebut sungguh suatu hal yang istimewa bagi dirinya.

Kemudian Severan juga menilai sistem dan proses dari suatu bisnis dengan skala dan kompleksitas seperti Gojek merupakan tantangan tersendiri yang tidak semua orang menikmatinya.

Severan mengaku bergabung dengan Gojek karena misi sosial positif perusahaan, yakni membantu jutaan orang untuk mendapatkan penghasilan dan ini menjadi kepuasan tersendiri baginya.

"Tantangan-tantangan teknis terkait hal tersebut sangat menarik, mulai dari isu pengembangan yang dibutuhkan oleh solusi cloud tercanggih, hingga pengaplikasian mendalam teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence). Gojek adalah seperti mimpi bagi inovator seperti saya,” katanya melalui keterangan resmi yang diterima oleh Bisnis pada Rabu (22/7/2020).

Severan bergabung dengan Gojek pada awal tahun ini sebagai Head of Engineering untuk platform lokapasar (marketplace) Gojek, sebelum diberikan kepercayaan sebagai CTO Grup Gojek menggantikan Ajey Gore. Dalam hal ini, Severan akan langsung bertanggung jawab kepada Co-CEO Gojek Kevin Aluwi.

Co-CEO Gojek Kevin Aluwi mengatakan pihaknya menyambut baik Severan yang terpilih menjadi CTO Gojek. Keahlian mendalam, antusiasme serta kepemimpinan Severan akan membawa pengembangan produk dan layanan Gojek ke jenjang yang lebih tinggi.

“Severan adalah seorang pemimpin di bidang teknologi yang memiliki kepedulian tinggi untuk terus menciptakan manfaat bagi seluruh pengguna di ekosistem Gojek. Kami tidak sabar melihat Severan melanjutkan kesuksesannya di Gojek,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amazon.com Gojek
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top