Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Rayakan Ulang Tahun ke-9, Blibli Catatkan Kenaikan Trafik di Hari Pertama

Blibli menghadirkan penawaran menarik seperti cashback hingga Rp999.000, promo brand deals hingga 80 persen, dan tambahan diskon lainnya pada perayaan ulang tahunnya ke-9 ini.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 20 Juli 2020  |  17:20 WIB
Ilustrasi Blibli.com. - istimewa
Ilustrasi Blibli.com. - istimewa
Bisnis.com, JAKARTA — Platform e-commerce lokal, Blibli mencetak kenaikan transaksi di hari pertama perayaan ulang tahunnya yang ke-9.
VP Business Development dan Project Lead Blibli 9th Anniversary, Cindy Kalensang mengatakan bahwa di ulang tahun yang ke-9 ini, pihaknya mengalami lonjakan di beberapa produk tertentu. Salah satunya adalah penjualan produk kesehatan dan kecantikan.
“Untuk produk yang paling banyak [dibeli] hingga jam 10 [pagi] tadi adalah kecap. Kemudian, kategori favorit Bliblimart yabg order sudah 2x lipat dibandingkan order harian dan produk kesehatan dan kecantikan naik 4x lipat,” ungkapnya saat konferensi virtual, Senin (20/7/2020).
Adapun, untuk kategori hobi dia melihat ada kenaikan signifikan pada pembelian sepeda.
“Tren sepeda meningkat 2,5 kali lipat sejak pandemi [Maret 2020] dimulai. Ke depan, kami bakal ada promo hari Rabu [22 Juli 2020], di kategori ‘Sehat dan Cantik Maksimal’ akan ada banyak diskon di sana,” ujarnya.
Cindy pun menjelaskan bahwa untuk pertumbuhan jumlah mitra, khususnya UMKM di Blibli telah meningkat 2 kali lipat selama pandemi Covid-19 berlangsung.
Selain itu, dia mengungkapkan bahwa pihaknya terus berusaha menghadirkan kemudahan untuk pelanggan dan mitra seller melalui ekosistem e-commerce Blibli yang menyeluruh.
“Masyarakat Indonesia harus beradaptasi dengan keadaan yang dipengaruhi pandemi Covid-19. Kami pun melihat perubahan perilaku tersebut terutama dari pelanggan dan mitra bisnis kami. Kami ingin memberikan solusi terbaik agar keduanya terbantu dengan ekosistem dan inovasi dari Blibli,” tuturnya.
Adapun dia menjelaskan bahwa konsep perayaan ulang tahun Blibli dilatarbelakangi oleh perubahan perilaku dan adaptasi masyarakat di tengah pandemi Covid-19.
Perusahaan riset KANTAR menyatakan bahwa 80 persen masyarakat harus menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Hal senada dikemukakan oleh riset McKinsey yang mengatakan bahwa selama di rumah, 92 persen konsumen Indonesia beralih ke metode belanja baru yakni belanja online.
Berdasarkan hal tersebut, Blibli kemudian mengusung konsep festival bertajuk Bagi-Bagi Hepi.
“Kami berupaya untuk mendorong transformasi digital yang memberikan kemudahan pada kegiatan sehari-hari, baik untuk pelanggan, mitra seller, hingga masyarakat luas,” jelasnya.
Cindy menambahkan bahwa Blibli 9th Anniversary: Bagi-Bagi Hepi akan menghadirkan festival meriah secara online dan semua bisa diakses secara langsung dari aplikasi dan website Blibli, yaitu festival belanja, entertainment, dan permainan.
“Festival ini juga menjadi bentuk apresiasi Blibli kepada pelanggan serta mengajak seluruh masyarakat untuk merayakannya dengan aman dari rumah. Berbagai rangkaian acara hiburan dan belanja akan disiarkan langsung dari aplikasi dan website Blibli selama tujuh hari mulai dari 20 Juli 2020 hingga 26 Juli 2020,” ujarnya.
Festival belanja Blibi akan fokus pada satu kategori besar setiap harinya seperti Festival untuk Ibu, Belanja Berkah, Sehat dan Cantik Maksimal, Bapak Keren, Anak Muda Hits, Keluarga, dan Festival Puncak Bagi-bagi Hepi. 
Seperti temanya, Blibli juga menghadirkan penawaran menarik seperti cashback hingga Rp999.000, promo brand deals hingga 80%, dan tambahan diskon lainnya. Pelanggan bisa berburu produk favorit mereka mulai dari gadget, kebutuhan rumah tangga, otomotif, produk kecantikan, hingga mainan anak.
 
Aspek lainnya yaitu entertainment juga tersedia langsung di platform Blibli. Pelanggan pun dapat menikmati hiburan seperti Kencan Bareng Artis dan Live Music dengan musisi favorit mereka secara langsung setiap harinya. 
Sesuai dengan tema festival harian, para pelanggan dapat menyaksikan siaran langsung bincang-bincang dengan artis favorit seperti Dian Sastrowardoyo, Najwa Shihab, Gading Marten, Lyodra, dan lainnya. 
“Untuk pecinta musik, pelanggan dapat menikmati konser dari musisi favorit seperti Dhipa Barus, Marion Jola, Ardhito Pramono, dan Disko Pantera melalui aplikasi Blibli pada tanggal 25 Juli 2020,” terangnya
Sedangkan untuk permainan, dia mengungkapkan bahwa pelanggan dapat memainkan dua permainan yaitu CAPIT dan Berburu Hepi. 
“Pada permainan CAPIT, pelanggan berkesempatan memainkan permainan capit secara gratis sebanyak 2x sehari dan mendapatkan ekstra token permainan setiap pembelanjaan minimum Rp50.000. Sedangkan untuk permainan Berburu Hepi, Blibli akan memberikan potongan diskon untuk produk-produk tertentu hingga 80 persen hanya di tanggal 25-26 Juli 2020,” terangnya.
Dia menjelaskan bahwa pelanggan hanya perlu menebak pertanyaan yang diberikan melalui akun media sosial Blibli dan mencarinya langsung di aplikasi Blibli.
Adapun untuk program CSR, dia mengungkapkan bahwa pihaknya memiliki program Bagi-Bagi Ilmu.
“Program CSR ini adalah bagian dari upaya perusahaan membantu mendorong penerapan digital di sistem belajar-mengajar yang juga harus melakukan penyesuaian besar selama pandemi,” terangnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

e-commerce blibli.com
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top