Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Halodoc Buka Layanan Khusus Kesehatan Jiwa

Halodoc kini telah membuka kanal layanan Kesehatan Jiwa untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan mental sejak dini, khususnya pada pandemi Covid-19.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 29 Juni 2020  |  09:33 WIB
Petugas kesehatan melayani peserta pengobatan gratis bagi 1.000 pengemudi ojek online yang diselenggarakan oleh Halodoc, di Jakarta, Rabu (6/9). - JIBI/Dwi Prasetya
Petugas kesehatan melayani peserta pengobatan gratis bagi 1.000 pengemudi ojek online yang diselenggarakan oleh Halodoc, di Jakarta, Rabu (6/9). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Halodoc membuka kanal khusus layanan Kesehatan Jiwa guna memudahkan masyarakat dalam mengatasi rasa cemas dan ketidaknyamanan di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Lewat layanan tersebut, masyarakat dapat berkonsultasi dengan lebih dari 500 psikolog dan psikiater teregistrasi. Inovasi ini sekaligus menjadi upaya untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan mental sejak dini. 

Sebagai informasi, statistik kesehatan mental masih menjadi perhatian di Indonesia, bahkan sebelum adanya pandemi. Berdasarkan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 2018, prevalensi gangguan mental emosional penduduk berusia di atas 15 tahun naik menjadi 9,8 persen dibandingkan tahun 2013 pada angka 6 persen.

Dalam riset yang sama, hasil wawancara dengan Mini International Neuropsychiatric Interview (MINI) juga memperlihatkan prevalensi depresi pada penduduk di atas umur 15 tahun dimana hanya 9 persen dari lebih dari 12 juta penderita depresi, yang menjalani pengobatan medis/ minum obat. 

VP Marketing Halodoc Felicia Kawilarang mengatakan masih adanya stigma negatif di masyarakat terhadap penyakit gangguan mental menjadi salah satu tantangan bagi mereka yang mengalami indikasi penyakit tersebut, terutama dalam hal akses untuk mendapatkan bantuan penanganan psikologi.

"Melalui layanan telemedicine yang dapat secara mudah diakses melalui smartphone diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dan langkah penanganan pertama, terlebih di tengah pandemi ini," ujar Felicia dalam keterangan resmi, Senin (29/6/2020).

Sebelumnya, layanan psikologi klinis dan kedokteran jiwa tersedia di layanan Chat with Doctor di Halodoc. Namun, guna memaksimalkan layanan tersebut di tengah pandemi, Halodoc menghadirkan kanal khusus terkait Kesehatan Jiwa.

Pengguna yang ingin berkonsultasi bisa langsung membuka layanan Kesehatan Jiwa di halaman awal Halodoc dan memilih bidang Psikologi Klinis atau Kedokteran Jiwa yang dibutuhkan. Selanjutnya, pengguna bisa langsung berkonsultasi dengan psikolog/psikiater yang dipilih.

Setelah lebih dari dua pekan diluncurkan, kanal khusus Kesehatan Jiwa Halodoc mengalami peningkatan jumlah akses pengguna hingga 400 persen. Keluhan yang paling banyak dikonsultasikan di antaranya keluhan seputar depresi, kecemasan (anxiety), dan stres.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp Halodoc
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top