Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Google Punya Fitur Deteksi Telepon Penipuan

Google meningkatkan kemampuannya untuk melakukan filterisasi terhadap telepon berisi penipuan yang masuk ke ponsel pengguna Android.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 28 Juni 2020  |  13:27 WIB
Android Marshmallow - reuters.com
Android Marshmallow - reuters.com

Bisnis.com, JAKARTA – Google melalui Android, kini memiliki fitur khusus yang dapat mendeteksi dan memfilter panggilan telepon dari pihak-pihak tak bertanggung jawab.

Seperti dikutip dari Phonearena, Minggu (28/6/2020), setengah dari total panggilan yang diterima oleh pengguna ponsel pintar tahun ini adalah spam atau berisi penipuan. Sayangnya, para pengguna telepon tak bisa dengan mudah mendeteksi penipuan tersebut sebelum benar-benar mengangkat panggilan tersebut.

Namun, kini Google mengeluarkan aplikasi yang bisa memberi tahu pengguna, sebuah perusahaan atau pihak tak dikenal yang mengatasnamakan sebuah institusi melakukan panggilan telepon ke pengguna ponsel pintar.

Fitur ini akan memberikan kesempatan bagi pengguna ponsel pintar untuk mengangkat panggilan atau menolaknya. Aplikasi ini dinamai dengan "Verified Caller".

Dalam fitur ini, Google akan memberikan notifikasi kepada pengguna bahwa panggilan yang dilakukan sebuah perusahaan atau institusi terverifikasi atau tidak. Google juga akan bekerja sama dengan sejumlah perusahaan untuk menampilkan logo perusahaan bersangkutan di layar pengguna ketika panggilan masuk.

Nantinya, perusahaan yang akan menghubungi pengguna ponsel, akan mengirimkan informasi dan notifikasi yang berisi nomor telepon tujuan, nomor telepon perusahaan dan alasan melakukan panggilan ke server Google.  

Guna menjamin kerahasiaan data dari perusahaan yang melakukan panggilan terverifikasi itu, Google akan menghapus informasi dan notifikasi tersebut dalam beberapa menit.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna dapat menyalakan aplikasi “Verified Caller”. Agar dapat berfugsi, para pengguna harus mengunduh aplikasi Google Phone dan menghubungkan nomor telepon pengguna ke akun Google.

Proses ini dapat dilakukan dengan membuka membuka myaccount.google.com.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

google penipuan android

Sumber : Phonearena

Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top