Minat Anak Indonesia Pada Gim Komputer Menurun

Akbar Evandio
Rabu, 10 Juni 2020 | 11:56 WIB
Kaspersky Cybersecurity Index/Istimewa
Kaspersky Cybersecurity Index/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan keamanan global, Kaspersky menemukan bahwa anak-anak mengalami penurunan minat pada gim di komputer pribadi mereka selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Anna Larkina, pakar analisis konten web Kaspersky mengatakan diberlakukannya pembatasan di seluruh dunia karena ancaman Covid-19, perilaku daring yang biasa masyarakat lakukan akan berubah.

“Pandemi Covid-19 telah memaksa anak-anak untuk melanjutkan pendidikan dari rumah, salah satunya dengan menghadiri pelajaran daring. Banyak orang tua yang kini juga melakukan pekerjaan dari rumah, sehingga dapat menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga selama karantina, jelasnya lewat rilis resminya,

Menurut laporan Kaspersky pada Mei 2020, minat dalam anak pada gim komputer dari kategori ini menurun secara konsisten dibandingkan dengan dua bulan pertama tahun ini. Di mana, penurunan minat anak-anak dalam permainan hanya relevan untuk Windows, karena mereka masih memiliki kecenderungan bermain gim di komputer Windows dibandingkan Mac.

“Ini mungkin disebabkan sebagian besar gim komputer dirilis khusus untuk Windows: misalnya, di toko gim daring populer, seperti Steam, gim yang tersedia untuk komputer macOS berjumlah lebih sedikit,” jelasnya.

Untuk Indonesia, minat online anak-anak terhadap gim komputer mengalami perubahan signifikan dalam lima bulan pertama tahun ini. Berdasarkan statistik Kaspersky, minat tertinggi gim komputer untuk anak-anak di negara ini berada pada April sebesar 16,32 persen dan menurun pada bulan Mei menjadi 13,23 persen.

“Menurunnya minat pada gim di komputer pribadi dapat dijelaskan oleh meningkatnya kebutuhan dalam penggunaannya untuk kegiatan lain. Misalnya, proses pendidikan lebih mudah di akses melalui komputer pribadi daripada di perangkat seluler. Kami dapat melihat bahwa meskipun anak-anak menghabiskan sebagian besar waktu mereka di rumah, mereka menggunakan komputer dengan bijak dan merasa tidak perlu untuk terjun ke video gim,” tuturnya.

Minat anak-anak pada gim di platform Windows dan macOS, periode Januari - Mei 2020 

  • Januari                  15.69 persen
  • Februari               15,36 persen
  • Maret                   13,94 persen
  • April                       13.28 persen
  • Mei                        13.26 persen

Persentase Minat Anak-Anak Indonesia Terhadap Gim Komputer Selama Pandemi Covid-19 di 2020

  • Januari                  16.02 persen
  • Februari               8.95 persen
  • Maret                   11.21 persen
  • April                       16.32 persen
  • Mei                        13.23 persen

Sumber: Statistik Kaspersky per Mei 2020

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper