Kamis 11 Juni 2020, Sony Rilis PlayStation 5

Rezha Hadyan
Selasa, 9 Juni 2020 | 09:46 WIB
Sony Pictures Entertainment/Reuters
Sony Pictures Entertainment/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sony akhirnya mengumumkan tanggal peluncuran dari PlayStation 5 yang sebelumnya sempat tertunda lantaran aksi protes atas kematian George Flyod yang berujung kerusuhan di Amerika Serikat.

Melansir The Verge, peluncuran PlayStation 5 akan dilakukan pada Kamis (11/6/2020). Adapun sebelumnya, peluncuran konsol gim tersebut dijadwalkan pada Kamis (4/6/2020).

Menurut CEO Sony Interactive PlayStation 5 Jim Ryan rencananya akan dipamerkan dalam acara peluncuran yang berlangsung selama lebih dari satu jam. Presentasi mengenai konsol tersebut sudah direkam dan akan disiarkan pada resolusi 1080p 30 fps.

Senior Director Sony Interactive Content Communications Sid Shuman mengatakan Sony pihaknya memutuskan untuk melakukan hal tersebut agar produksinya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Pasalnya, tak sedikit staf perusahaan asal Jepang itu yang bekerja dari rumah selama pandemi Covid-19.

"Game-game yang akan Anda lihat pada hari Kamis akan terlihat lebih baik ketika Anda memainkannya di PS5 dengan TV 4K, seperti yang Anda harapkan," ujarnya.

Shuman juga merekomendasikan untuk menggunakan headphone selama acara peluncuran, alih-alih hanya menggunakan speaker ponsel atau laptop. Pasalnya, akan ada audio berkualitas tinggi yang akan dimainkan dalam acara tersebut.

"[Audio] yang merujuk pada kemampuan audio 3D yang sudah diumumkan untuk PS5," ungkapnya.

Sony telah mengungkap nama konsol, logo, spesifikasi dan pengontrol DualSense terbaru, dan Epic Games telah memamerkan demo PS5 sebagai bagian dari pengumuman Unreal Engine 5 pada bulan Mei.

Sony belum mengungkapkan desain konsol itu sendiri, dan tidak jelas apakah Sony berencana untuk memperlihatkannya pada acara peluncuran.

Namun yang jelas, PS5 akan dibekali CPU AMD Zen 2 delapan-core, GPU khusus berbasis AMD RDNA 2, RAM GDDR6 16GB, dan SSD dengan penyimpanan 825GB dan kinerja 5,5GB/s. Pengontrol DualSense akan memiliki haptic feedback, adaptive triggers, mikrofon terintegrasi dan port USB-C. Tombol "share controller" juga diubah namanya menjadi tombol "create".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper