Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Huawei Bantu Kemenristek Siapkan Kecerdasan Buatan

Huawei dan Kemenristek siap berkolaborasi menyiapkan teknologi cloud, AI, dan 5G, serta Huawei Mobile Services (HMS) untuk melaksanakan Strategi Nasional Kecerdasan Buatan (AI)
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 29 April 2020  |  15:28 WIB
Ilustrasi Huawei. (Istimewa - Mashable)
Ilustrasi Huawei. (Istimewa - Mashable)

Bisnis.com, JAKARTA -- Huawei Indonesia siap mendukung rencana Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia (Ristek/BRIN) dalam menyiapkan Strategi Nasional Kecerdasan Buatan (AI).

Dalam keterangan resminya, Rabu (29/4/2020), Huawei Indonesia menyatakan siap mengontribusikan teknologi mutakhirnya, seperti cloud, AI, dan 5G, serta Huawei Mobile Services (HMS) untuk mendukung terwujudnya rencana tersebut.

Menteri Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro mengatakan penerapan Strategi Nasional AI akan difokuskan kepada peningkatan kualitas layanan publik serta upaya-upaya strategis lainnya yang berdampak pada masyarakat luas.

"Guna mendukung keberhasilan penerapannya, kami melibatkan lembaga-lembaga pemerintahan, akademisi, lembaga pendidikan, serta asosiasi teknologi dan perusahaan berbasis teknologi. Untuk itu, kami menyambut baik komitmen Huawei Indonesia untuk turut terlibat dan berkontribusi melalui teknologi serta kepakarannya di bidang AI, cloud, dan 5G," ujar Bambang, seperti dikutip dari siaran persnya, Rabu (29/4/2020).

CEO Huawei Indonesia Jacky Chen menambahkan Huawei akan terlibat dalam kegiatan riset bersama dalam menyiapkan tolok-ukur berstandar global untuk pengembangan teknologi yang dibutuhkan oleh industri dalam negeri melalui pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, Cloud, dan 5G dari Huawei, serta HMS.

"Untuk mendukung riset bersama, Huawei juga siap berbagi pengalaman suksesnya dalam pengapdosian teknologi-teknologi tersebut di negara-negara lain untuk kemungkinan diterapkan di Indonesia," ujarnya.

Huawei Indonesia juga menyampaikan kesiapannya dalam mendukung peningkatan kompetensi sumber daya, untuk membantu Kemenristek/BRIN dalam mengembangkan kapasitas para tenaga ahli lokal dalam penguasaan teknologi cloud, AI, 5G, dan HMS.

Selanjutnya untuk mendukung percepatan pertumbuhan industri vertikal serta ekonomi Indonesia pada umumnya, Huawei Indonesia siap membantu Ristek/BRIN dalam membangun ekosistem AI dan cloud di Indonesia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

huawei kemenristek artificial intelligence
Editor : Yustinus Andri DP

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top