Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penanganan Covid-19: Lembaga Eijkman Terus Tingkatkan Kapasitas Tes PCR

Lembaga Biologi Molekuler Eijkman terus melakukan peningkatan kapasitas tes PCR untuk mempercepat penanganan kasus wabah Corona.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 21 April 2020  |  17:05 WIB
Eijkman Institute, lembaga penelitian bidang biologi molekuler medis dan bioteknologi. Lembaga ini terletak di jantung kota Jakarta, ibu kota Indonesia. - Ilustrasi
Eijkman Institute, lembaga penelitian bidang biologi molekuler medis dan bioteknologi. Lembaga ini terletak di jantung kota Jakarta, ibu kota Indonesia. - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga Biologi Molekuler Eijkman terus melakukan peningkatan kapasitas tes PCR untuk mempercepat penanganan kasus wabah Corona.

Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Amin Soebandrio menyebutkan dengan hadirnya sistem robotik QIAcube Connect kapasitas pun telah mengalami peningkatan.

Berdasarkan penelusuran Bisnis.com, QIAcube Connect dirancang untuk mengerjakan pemurnian protein dan asam nukleat dalam bidang biologi molekuler. Siste, ini didesain untuk digunkana kalangan profesional yang terlatih di bidang teknik biologi molekuler.

Amin menyebutkan sistem robotik QIAcube Connect diperoleh dari bantuan Badan Intelihen Negara pada 13 April 2020 lalu.

Dengan bantuan tersebut, kapasitas pengujian sehari yang tadinya hanya 180 sampel meningkat menjadi 300 sampel per hari. Hal itu memungkinkan 3 buah mesin tersebut mendeteksi 744 sampel sampai 1.116 sampel per hari.

Selain itu, Amin menyebutkan bahwa Lembaga Eijkman berkontribusi dalam penyediaan virus transport medium (VTM),

"Ejkman berkontribusi untuk penyediaan VTM ke fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia," ujar Amin.

Dijelaskan Amin VTM tersebut berfungsi untuk menyimpan spesimen yang diambil dari hasil uji Swab. Menurut Amin, Eijkman telah mendistribusikan 40 ribu tabung VTM ke 31 provinsi di Indonesia.

"Eijkman memberikan kontribusi pemeriksaan 15 persen sampel Covid dari kapasitas Nasional," tambah Amin.

Ia menambahkan sebanyak 48 laboratorium ditunjuk untuk memeriksa Covid-19.

Eijkman dalam perannya sebagai laboratorium pemeriksa Covid-19 melakukan deteksi Covid-19 secara molekuler dengan metode PCR.

Dalam pengujian Covid-19, Eijkman menggunakan lab dengan keamanan tinggi dengan sertifikasi Laboratorium Biosafety Level (BSL) 2 dan 3.

"Lembaga Eijkman dapat berperan strategis, dapat langsung memeriksa virus dan pembanding. Sampai saat ini Lembaga Eijkaman telah menerima 6.124 sampel atau 314 sampel per hari, dan sampel yang dilakukan untuk pengujian ini sampel Swab," ujar Amin.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

eijkman Virus Corona
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top